Senang rasanya kami bisa bangkit dan menang setelah tertinggal.
Tampa (ANTARA News) -  Striker klub Manchester United, Shinji Kagawa, mencetak gol pada menit ke-80, Senin, saat Jepang mengalahkan Kosta Rika 3-1 pada pertandingan pemanasan Piala Dunia bagi kedua tim.

Kagawa tersandung ketika bola mengarah padanya di jantung area penalti namun berusaha tetap seimbang dan menembak dengan kaki kanan melewati kiper Kosta Rika, Keilor Navas, untuk membawa Jepang unggul 2-1.

Yoichiro Kakitani, yang keluar dari bangku cadangan pada menit ke-76, menambahkan gol pada akhir pertandingan bagi tim Blue Samurai, yang tertinggal 0-1 pada babak pertama setelah dibuat frustrasi dalam sejumlah peluang.

"Senang rasanya kami bisa bangkit dan menang setelah tertinggal," kata Kagawa seperti dikutip AFP.

"Kami seharusnya sudah mencetak satu gol pada babak pertama. Kami mendapat peluang-peluang bagus. Kami perlu mencetak gol lebih dulu pada Piala Dunia karena pertandingan-pertandingan di sana akan sulit."

Kapten Kosta Rika, Bryan Ruiz, yang juga striker klub asal Belanda PSV, membuka skor pada menit ke-31, ketika ia berlomba dengan seorang pertahanan Jepang Yasuyuki Konno mengejar umpan dari tengah dan menyarangkan bola ke gawang.

Namun Yasuhito Endo, pemain tengah klub Gamba Osaka berusia 34 tahun yang memasuki lapangan pada awal babak kedua, menyamakan kedudukan bagi Jepang pada menit ke-60.

Kapten Jepang Keisuke Honda, yang juga pemain depan AC Milan, mengumpan dengan kaki kirinya ke jantung area penalti, di mana Endo -- pemain tertua dari kedua tim -- menembakkan bola ke gawang.

"Kondisi kami bagus dan kami bermain dengan mentalitas positif," kata pelatih Japan Alberto Zaccheroni. "Untuk sisa waktu hingga Piala Dunia kami akan fokus pada peningkatan mentalitas para pemain dan pada penyelesaian gol-gol.

"Kagawa dan Honda, mereka bermain bagus. Mereka berdua membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan pertandingan tetapi mereka bermain bagus," tambah Zaccheroni.

Pelatih Kosta Rika Jorge Luis Pinto mengatakan, pertandingan tersebut mempunyai intensitas kelas Piala Dunia.

"Kami mendapatkan ritme Piala Dunia kami," kata Pinto. "Kami menyerang balik dan mengarahkan bola dengan baik, tekanan tinggi, merasakan Piala Dunia. Kami bermain seintens mungkin."

Namun Zaccheroni mengatakan gaya serangan Jepang terbayar pada akhirnya dengan menguras energi tim Ticos pada menit-menit akhir yang penting.

"Kami membuat banyak peluang," katanya. "Kami terus membuat mereka berlari dan mengumpan bola dan mereka kelelahan dan kami mendominasi pertandingan -- akhirnya."

Setelah pemanasan terakhir Jumat di Tampa melawan Zambia, Jepang akan terbang ke Brasil pada Sabtu dan membuka laga dalam grup C pada 14 Juni melawan Pantai Gading dengan pertandingan berikutnya melawan Yunani dan Kolombia.

Kosta Rika, yang memainkan pertandingan persahabatan pemanasan melawan Irlandia pada Jumat di Philadelphia, berada dalam Grup D melawan Inggris, Uruguay dan Italia. Tim Ticos membuka laga mereka di Piala Dunia dengan melawan Uruguay pada 14 Juni.  (*)

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014