Berlin (ANTARA News) - Jerman akan menjamu Armenia esok Jumat pada laga pemanasan terakhir menjelang Piala Dunia sebelum ke Brasil dengan duo bintangnya Philipp Lahm dan Bastian Schweinsteiger kendari merumput namun kiper Manuel Neuer akan absen.

Bek kanan Lahm (cedera pergelangan kaki) dan Neuer (cedera bahu) keduanya tak bisa bermain sejak cedera saat Bayern Munchen tampil pada final Piala Jerman tiga pekan lalu.

Baik kapten Lahm maupun gelandang Schweinsteiger yang mengalami cedera lutut, diperkirakan akan ambil bagian dalam pertandinan di Mainz, namun Roman Weidenfeller diragukan akan menggantikan tempat Neuer.

"Baik Philipp maupun Bastian telah berlatih tanpa masalah dan saya anggap mereka akan bermain, tapi saya belum sampai berapa lama," kata pelatih timnas Jerman Joachim Loew.

"Saya telah berbicara dengan Manuel Neuer dan dia tak bisa bermain melawan Armenia, namun tak ada masalah dengannya untuk siap pada pertandingan pertama kaki (di Piala Dunia) melawan Portugal (pada 16 Juni)."

Setelah Jerman ditahan seri 2-2 oleh Kamerun hari Minggu lalu di Moenchengladbach, Loew menginginkan peningkatan kemampuan mengumpan timnya.

Setelah hasil seri lainnya dalam laga persahabatan melawan Polandia, Loew menginginkan kemenangan yang membangkitkan semangat sebelum terbang menuju basis Piala Dunia-nya di Porto Seguro, via Salvador, dari Frankfurt Sabtu lusa.

"Kami ingin menang dengan penampilan yang bagus, sehingga kami bisa meninggalkan jerman dengan senyuman dan mendapatkan ritme yang bagus untuk Piala Dunia," kata Loew.

Loew mengakui bahwa play-maker utamanya Mesut Ozil tidak sedang berada di penampilan terbaiknya saat melawan Kamerun dan tekanan untuk bermain bagus ada pada bintang Arsenal itu.

"Saya agak dikejutkan oleh reaksi (negatif) terhadap Ozil, mungkin penampilannya tidak pada yang terbaik, tapi saat Anda berbicara pada dia Anda melihat betapa percaya dirinya dia," kata Loew.

"Dia akan memberikan semua yang dia bisa untuk tim, kami yakin pada kemampuannya dan bahwa dia akan siap untuk laga-laga grup kami nanti."

Ozil, yang bergabung dengan Arsenal dari Real Madrid pada awal musim lalu, turun kinerja permainnya setelah menderita cedera hamstring.

Mantan kapten timnas Jerman Michael Ballack mengatakan Ozil sepertinya kehilangan sentuan dan dikhawatirkan tidak akan tampil seperti sebelum Piala Dunia.

"Dalam beberapa bulan terakhir, sejak dia pindah ke Arsenal, dia tidak menjadi pemain yang dulu, dalam arti keyakinan dirinya, yang kita saksikan sebelum ini di dalam tim nasional," kata Ballack kepada Daily Mirror.

Jerman juga menghadapi masalah karena hanya punya satu striker murni, yakni veteran Miroslav Klose yang Senin lalu genap berusia 36 tahun.

"Lukas Podolski, Marco Reus, Mario Goetze semuanya bisa bermain di depan, sehingga kami punya opsi jika kami memerlukan mereka," kata Loew.

Armenia kalah 1-3 dari Aljazair pada laga persahabatan di Swiss hari Sabtu lalu, namun mengalahkan Uni Emirat Arab 4-3 pekan lalu yang dua gol diantaranya dicetak playmaker Dortmund Henrikh Mkhitaryan.

Jerman, peringkat dua dunia, menang dari Armenia yang menempati peringkat 38 dalam dua pertemuan mereka sebelumnya, yaitu 5-1 pada babak pra Piala Dunia 1996  yang diikuti kemenangan 4-0 pada 1997.

Loew sedang memburu kemenangan ke-71 baginya dalam pertandingan ke-105 yang dia tukangi, demikian AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014