Kekayaan rumah tangga dan organisasi nirlaba AS melonjak 1,5 miliar dolar AS dalam kuartal pertama 2014 dari kuartal keempat 2013 menjadi mencapai 81,8 triliun dolar AS.
New York (ANTARA News) - Kekayaan rumah tangga Amerika Serikat mencapai rekor baru pada kuartal pertama 2014 berkat kenaikan pasar saham dan meningkatnya pasar perumahan, menurut data AS yang dirilis pada Kamis.

Kekayaan rumah tangga dan organisasi nirlaba AS melonjak 1,5 miliar dolar AS dalam kuartal pertama 2014 dari kuartal keempat 2013 menjadi mencapai 81,8 triliun dolar AS, sebuah rekor baru, menurut laporan Federal Reserve AS. Data tidak memperhitungkan tingkat inflasi.

Peningkatan ini termasuk kenaikan 361 miliar dolar AS pada nilai langsung dan tidak langsung kepemilikan ekuitas dan peningkatan 751 miliar dolar AS pada nilai real estat, kata Fed.

Kenaikan ini terjadi meski selama musim dingin ekstrim di mana pertumbuhan ekonomi AS jatuh satu persen pada kuartal pertama, karena perekrutan pekerja dan kegiatan ekonomi melambat.

Utang rumah tangga naik tipis pada tingkat tahunan sebesar dua persen pada kuartal pertama, kata Fed. Bank sentral mengatakan originasi bersih kredit kepemilikan perumahan tetap "lemah", sementara kredit konsumen naik pada tingkat yang sama seperti dua tahun sebelumnya.

Utang bisnis non-keuangan meningkat pada tingkat tahunan sebesar 7,3 persen pada kuartal pertama, setelah kenaikan 6,6 persen pada kuartal keempat. Obligasi perusahaan menyumbang untuk sebagian besar peningkatan tersebut, kata Fed.

(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014