Rio de Janeiro (ANTARA News) - Mantan presiden FIFA Joao Havelange (98) dalam keadaan stabil di sebuah rumah sakit di Rio de Janeiro dengan alat bantuan pernafasan, kata juru bicara rumah sakit itu seperti dikutip AFP.

Juru bicara rumah sakit Samaritano mengatakan Havelange diperkirakan akan segerta keluar rumah sakit tersebut.

Havelange yang mengetuai FIFA dari 1974 sampai 1998, menghabiskan waktu dua bulan di rumah sakit yang sama pada 2012 karena infeksi pergelangan kaki yang serius dan masalah jantung serta pernafasan.

Desember 2011, mantan perenang Olimpiade itu mundur dari anggota Komite Olimpiade Internasional yang dia duduki sejak 1963, tak lama sebelum menghadapi tuduhan korupsi.

Havelange pernah diselidiki atas bangkrutnya bekas agensi iklan pemasaran olah raga FIFA, ISL, yang gulung tikar pada 2001 karena utang menggunung 300 juta dolar AS.

Dia dituduh menerima uang suap dari agensi itu untuk menjamin kontrak penyiaran Piala Dunia.

Mantan menantu Havelange, Ricardo Teixeira (64),  juga mundur dari Konfederasi Sepak bola Brasil (CBF) pada 2012 karena tuduhan korupsi.

Komite etik FIFA mendapati bukti bahwa Havelange menerima paling sedikit satu juta dolar dalam bentuk komisi.

Havelange, yang tampil untuk Brasil sebagai perenang pada Olimpiade 1936 di Berlin dan polo air di Olimpide Helsinki  1952, memainkan peran besar dalam memodernisasi organisasi sepak bola dan mengubah cabang olah raga ini menjadi industri besar.

Dia turut mengantarkan Rio memenangkan hak menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 yang adalah pertama kali olimpiade diadakan di Amerika Selatan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014