Solo (ANTARA News) - Kesebelasan Korea Selatan berpeluang maju ke babak selanjutnya setelah mengalahkan Malaysia 2-1 pada pertandingan Grup A "Asian Schools Football U-18 Championship" di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu petang.

Korsel yang merupakan juara bertahan masih cukup tangguh bagi kesebelasan pelajar asal Malaysia tersebut.

Pertandingan babak pertama berjalan seru, kedua tim saling menyerang hingga menit ke-40 dan sama-sama menciptakan sejumlah peluang untuk membuat gol.

Namun, kedua tim yang bermain penuh semangat belum mampu menembus gawang lawan.

Kebuntuan pecah ketika Hwang Yoo Seung mencetak gol pertama untuk Korsel melalui sundulan kepalanya pada injury time babak pertama memanfaatkan bola liar di depan gawang Malaysia, dan kedudukan berubah menjadi 1-0.

Memasuki babak kedua, Korsel terus menekan dan memaksa Malaysia hanya mengandalkan serangan balik.

Pada menit 50 Hwang Yoo Seung mencetak gol kedua memanfaatkan kesalahan pemain belakang Malaysia. Yoo Seung berhasil mengecoh kiper Malaysia, Rhatul Anuar , untuk menambah keunggulan Korsel menjadi 2-0.

Malaysia yang ketinggalan dua gol, kemudian bangkit dan mencoba terus menyerang.

Hasilnya, pada menit 77, tendangan keras Muhammad Saiful Amri mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Kedudukan 2-1 untuk Korsel bertahan hingga pertandingan usai.

Pelatih Tim U-18 Malaysia, Saari, mengatakan bahwa dua gol Korsel tercipta karena kesalahan pemain belakang yang masih grogi menghadang lawan.

"Kami sebenarnya mampu menyamakan kedudukan, tetapi pemain kurang tenang dalam menyelesaian akhir ke gawang lawan," katanya.

Menurut Saari, timnya masih memiliki peluang melawan Tiongkok dan Sri Lanka untuk lolos ke babak empat besar.

Pelatih Tim U-18 Korsel Jang Soo Yung, mengatakan, meskipun, timnya mampu mengalahkan Malaysia, tetapi mereka bermain tidak sesuai instruksi pelatih.

"Pemainnya menghadapi Malaysia bermain kurang maksimal, dan lawan bukan sembarangan," kata Jang Soo Yung.

Menurut dia, timnya setelah mengalahkan Malaysia berpeluang masuk empat besar.

Sementara pertandingan lainnya, antara Tim Tiongkok melawan Sri Lanka yang berlangsung di Stadion Sriwedari Solo, pada waktu yang sama berhasil dimenangkan oleh Tiongkok dengan skor 2-0.

Dua gol untuk Tim U-18 Tiongkok dihasilkan oleh pemain nomor punggung 13, Jiang Feng menit sembilan, dan Leng Shio menit 84.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014