Semua orang tahu pentingnya Ronaldo untuk tim kami"
Florham Park, Amerika Serikat (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo siap menyuntik moral Portugal dengan turun melawan Irlandia dalam laga persahabatan terakhir di Amerika Serikat atau dua hari sebelum Piala Dunia mulai.

Pemain depan berusia 29 tahun itu absen pada dua laga pemanasan Portugal terdahulu karena menderita cedera sehingga menghambat persiapan ke Brasil dan membersitkan spekulasi bahwa dia mungkin tidak akan bugar pada waktunya.

Namun kapak Real Madrid itu telah kembali berlatih Sabtu pekan lalu bersama tim asuhan Paulo Bento yang gagal bersinar sepanjang absennya sang kapten tim.

Para ofisial Portugal keceplosan mengenai kesiapan Ronaldo untuk laga melawan Irlandia, namun penyerang Vieirinha berkata kepada wartawan, "Jika dia fit berlatih, maka dia juga fit untuk memainkan pertandingan."

Portugal menghadapi tugas berat pada laga pembuka Piala Dunianya 16 Juni nanti karena harus langsung menghadapi Jerman di Grup G yang juga dihuni Amerika Serikat dan Ghana.

Bento telah menegaskan bahwa Portugal --yang lolos ke Brasil lewat playoff melawan Swedia yang diantaranya berkat trigol Ronaldo -- tidak tergantung pada satu pemain.

Tetapi Vieirinha yang memperkuat klub Jerman Wolfsburg mengakui bahwa kembalinya pemain bintang mereka itu telah menyemangati seluruh skuat.

"Semua orang tahu pentingnya Ronaldo untuk tim kami dan pentingnya dia untuk grup, baik di dalam maupun di luar lapangan," kata Vieirinha (28).

Ronaldo telah mencetak 49 gol dalam 110 penampilannya bersama Timnas Portugal.

Portugal gagal tampil mengesankan tanpa diperkuat Ronaldo yang didera cedera otot paha kiri dan tendinitis pada lutut kirinya.

Akhir pekan lalu Portugal bermain seri 0-0 di Lisbon melawan sesama peserta putaran final Piala Dunia, Yunani.

Lalu Jumat, dekat Boston, mereka susah payah menang 1-0 dari Mekico yang juga lolos ke Brasil berkat gol di masa injuri dari Bruno Alves.

Portugal diperkirakan lolos ke fase gugur, namunVieirinha berusaha berhati-hati dengan berkata, "Kita semua tahu bahwa pertandingan pertama selalu paling penting.

"Kami tahu betapa hebatnya Jerman, namun kami juga tahu bahwa kami mampu mengimbangi mereka. Ada banyak tim bagus di Piala Dunia ini."

"Namun kami hanya perlu menunaikan tugas kami dan apa yang kami lakukan di lapangan adalah tanggung jawab kami, bukan orang lain."

"Gol pertama kami akan meloloskan dari fase grup, dan jika kami melakukan itu, kami akan lihat seberapa jauh kami bisa belanjut."

Ronaldo berlatih kembali dengan seluruh anggota skuat di pusat pelatihan New York Jets, seperti halnya pula dengan gelandang berpengalaman Raul Meireles yang juga sempat cedera.

Portugal tetap dihantui cedera yang masih menimpa bek Real Madrid Pepe, namun bek tengah ini terlihat berlatih kendati jauh dari skuatnya dan tampaknya tak akan diturunkan menghadapi Irlandia nanti, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014