Ribery hilang, namun kami harus berhenti membicarakannya dan berlanjut tanpa dia"
Lille, Prancis (ANTARA New) - Karim Benzema mencetak dua gol spektakuler saat Prancis membantai Jamaika 8-0 setelah baru saja terpukul oleh hilangnya striker bintang Franck Ribery akibat cedera yang membuatnya tak bisa ke Piala Dunia.

Blaise Matuidi dan Antoine Griezmann juga mencetak dua gol dalam laga pemanasan terakhir menjelang ke Brasil, di Lille.

Kemenangan besar menaikkan moral tim asuhan Didier Deschamps yang dua hari lalu terpukul oleh absennya Ribery.

"Ribery hilang, namun kami harus berhenti membicarakannya dan berlanjut tanpa dia," kata pemain Paris St Germain Matuidi.

Sedangkan Deschamps menegaskan bahwa Prancis tetap bersatu tanpa adanya Ribery yang menggambarkan absennya dia seperti membunuh jiwanya.

"Kami kehilangan seorang pemain kelas dunia," kata Deschamps. "Tim Prancis lebih kuat bersamanya ketika dia bugar 100 persen, namun masih ada pemain lainnya. Mereka membentuk sebuah kolektif."

Sedangkan Benzema melukiskan kemenangan itu memberi Prancis kepercayaan diri. "Semua orang senang. Kami telah menunjukkan banyak hal bagus."

Prancis kini tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhirnya dan terlihat makin kuat saja.

"Kami tahu akan ada macam pertandingan yang berbeda Minggu mendatang, namun bagus juga berakhir seperti ini. Pertandingan (melawan Jamaika) ini memberi kami kepercayaan diri," kata Matuidi.

Bagi Deschamps sendiri laga ini merupakan peluang terakhir untuk mencoba Benzema bergerak lebih bebas di dampingi Giroud yang mengisi posisi Ribery.

"Saya ingin melihat mereka bareng kembali, tapi itu tak hanya mengenai mereka," kata Deschamps, karena dia ingin kedua pemain itu juga bisa bekerjasama dengan para pemain Prancis lainnya.

Namun Deschamps mengakui bahwa Benzema dan Giroud terlihat dalam kondisi fisik yang luar biasa.

Giroud sendiri sudah sadar akan menjadi pilihan pertama mendampingi Benzema di Brasil nanti.

"Saya akan bermain pada Piala Dunia pertama saya dan di Brasil," tambah dia. "Saya bagaikan anak kecil saat Natalan."

Satu-satunya kekhawatiran Prancis yang masih tinggal adalah keluarnya bek kiri Mathieu pada babak kedua.

"Ada masalah pada belakang pahanya. Dia telah berjuang untuk mengakhiri babak pertama," kata sang pelatih. "Saya tak mau ambil risiko. Tak ada yang perlu dikhawatirkan."

Pemain Southampton Morgan Schneiderlin dipanggil masuk skuat untuk mengisi tempat Ribery, demikian juga gelanda Clement Grenier diturunkan pada tiga menit terakhir untuk merasakan pengalaman pertama tampil bersama timnas, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014