Argentina (ANTARA News) - Pelatih Argentina Alejandro Sabella yakin kebiasaan Lionel Messi muntah di lapangan karena stres tinggi sebelum pertandingan mulai.

Pemain andalan Barcelona ini terlihat muntah ketika melawan Bolivia dan sejak saat itu hal sama kembali terjadi termasuk pada pertandingan persahabatan terakhir melawan Slovenia ketika kemudian dia mencetak empat gol.

Messi juga muntah saat laga persahabatan Argentina melawan Rumania Maret lalu, mantan pelatih Gerardo Martino melihat ada sesuatu yang salah.

Sementara Sabella mengklaim kebiasaan muntah Messi karena akibat tegang.

"Tegang. Saya melihat momen ini membuatnya tegang," kata Sabella setelah sampai di Brasil bersama timnya. "Sulit untuk menenangkannya."

Messi sudah diperiksa dokter Barcelona dan Argentina, tetapi keduanya tidak menemukan masalah apa-apa. Messi meyakinkan itu hanya hal yang tak bisa dihindari.

"Saya tidak tahu apa itu. Tetapi saya telah menjalani ribuan pemeriksaan," kata Messi seperti dikutip Goal.com. "Awalnya saya merasa mual sampai di titik ingin muntah, dan itu keluar begitu saja."

Messi telah meninggalkan kampung halamannya sejak berumur 13 tahun untuk bergabung dengan akademi La Masia Barcelona, dia juga mengaku terpengaruh oleh anggapan bahwa dia tidak memberikan yang terbaik untuk tim nasional.

"Argentina merupakan negara, keluarga, dan jalan saya untuk mengekspresikan diri," kata Messi kepada Marca. "Saya ingin menukar semua rekor saya untuk membuat orang di negara saya senang."

penerjemah: Okta Antikasari


Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014