Seoul (ANTARA News) - Kepolisian nasional Korea Selatan (Korsel), pada Rabu, mendirikan biro maya yang terdiri dari tiga divisi termasuk 12 tim dan 111 staf, untuk memperkuat keamanan maya nasionalnya.

Biro maya baru tersebut bertujuan menjamin sistem keamanan maya yang menyeluruh yang melakukan lebih dari cuma tanggapan reaktif, kata badan kepolisian nasional di dalam siaran pers.

Biro itu mempunyai visi "Dunia maya: Aman buat Rakyat, Dapat diandalkan buat Usaha", biro maya itu merancang "Rencana dasar untuk menjamin dunia maya yang lebih aman" yang terdiri atas 20 rencana aksi berdasarkan enam kategori, kata lembaga kepolisian tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Lembaga itu berencana menyediakan layanan yang dipusatkan pada pencegahan, mendeteksi lebih awal tanda ancaman pelanggaran maya dan melancarkan reaksi proaktif.

Biro maya baru tersebut juga akan memusatkan perhatian pada kemampuan peningkatan penyelidikan guna membongkar kejahatan maya, termasuk melakukan kerja sama internasional dan menciptakan sistem kebijakan kerja sama yang mengikut-sertakan lembaga dalam negeri, sektor swasta dan warga.

Untuk bisa memberi tanggapan lebih baik terhadap lingkungan maya yang berubah dengan cepat, lembaga itu menambahkan biro maya tersebut akan memperkuat Research and Development bagi masa depan serta memelihara keahlian pada sumber daya manusia dan materil untuk menjamin keamanan rakyatnya.

Korea Selatan telah seringkali mengalami serangan maya dalam beberapa tahun belakangan. Pada 20 Maret 2013, dugaan mencurigakan di dunia maya melumpuhkan puluhan ribu komputer dan server bank dan stasiun TV lokal. Satu serangan lain dunia maya yang terjadi pada akhir 2013 untuk sementara menutup beberapa jejaring lembaga pemerintah termasuk kantor presiden dan partai konservatif yang berkuasa.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014