... tetapi itu tidak akan mempengaruhi kami... "
Santo Andre, Brazil (ANTARA News) - Kapten Jerman, Philipp Lahm, tidak mengkhawatirkan kebugaran Cristiano Ronaldo yang mulai fit, jelang "pertempuran" Jerman-Portugal, 16 Juni nanti, di Salvador.

Ronaldo telah berjuang sembuh dari masalah lutut dan hamstring, pemain Real Madrid ini kembali berlatih pada Selasa bersama gelandang Portugal, Raul Meireles, dan bek Pepe menjelang laga persahatan mereka melawan Irlandia, (11/6). 

Ronaldo dimainkan selama 65 menit dan membawa Portugal menang 5-1.

Walaupun demikian, Lahm mengaku persiapan Der Panzer akan tetap sama seperti Ronaldo bermain atau tidak.

"Dengan Ronaldo, saya rasa dia akan bermain tetapi itu tidak akan mempengaruhi kami," kata Lahm, kepada AFP.

"Dia pemain luar biasa tetapi kami tetap menyiapkannya secara normal, seperti dia akan bermain dan kami pikir Ronaldo akan bermain melawan kami."

"Begitupun dengan dia (Ronaldo) karena akan bertemu kami lagi, dia akan berjuang mengalahkan kami."

Portugal dan Jerman pernah saling berhadapan di grup sama pada Euro 2012. Saat itu Jerman mengalahkan Portugal 1-0 dan Lahm mengharapkan pertandingan akan berjalan sengit seperti dua tahun lalu.

Kini Jerman, Portugal, Ghana, dan Amerika Serikat ada di Grup G. Seluruh putaran di grup ini diakui banyak pengamat tidak akan mudah dilalui.

"Portugal bermain dengan baik melawan kami dua tahun lalu dan dengan sedikit keberuntungan kami bisa menang," kata pemain 30 tahun itu.

"Mereka tim yang sangat bagus, khususnya fisik," tambah pemain Bayern Muenchen ini. 

"Saya katakan setelah pengundian, kami akan lakukan apapun pada laga pertama dan bermain dengan taktik karena jika kami tidak menang, kami akan berada di bawah tekanan besar. Itu membuat laga lawan Portugal penting," kata Lahm.

Pada piala dunia terakhir di Afrika Selatan, Jerman bermain apik dengan mengalahkan Inggris dan Argentina sebelum dikalahkan juara Spanyol di babak semi-final.

Tetapi Lahm mengatakan ada beberapa hal penting yang berubah dari empat tahun lalu.

"Ada perbedaan di antara Piala Dunia 2010, dimana banyak pemain berlaga di turnamen besar dan 2012 pemain tebiasa bermain di level yang tinggi bersama klub," tambahnya lagi.

"Saya percaya kami masih mempunyai tim yang bagus saat ini. Banyak pemain yang tidak terbiasa dibangkucadangkan dan tidak bermain dari menit pertama," kata dia. 

Namun semangat itu yang akan muncul untuk bermain dan kami sudah melihatnya pada Jumat (menang 6-1 melawan Armenia di laga persahabatan).

penerjemah: Okta Antikasari

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014