Paris (ANTARA News) - Pahlawan Brasil Neymar memuncaki Twitter chart setelah penggemar sepak bola pada lebih dari 150 negara mengirimkan 12,2 juta tweet selama pertandingan pembuka Piala Dunia yang melambangkan perkembangan pesat media sosial.

Dari pantauan Twitter selama laga di Sau Paulo Jumat dini hari WIB itu, dua gol striker Barcelona itu pada kemenangan kontroversial 3-1 Brasil atas Kroasia membuat Neymar menjadi paling paling di-mentioned pada situs mikroblog itu.

Piala Dunia kali ini diperkirakan menjadi peristiwa paling banyak ditweet dan statistik dari pertandingan pertama dari total 64 laga Piala Dunia ini menunjukkan bahwa turnamen ini akan dengan mudah melampaui 150 juta tweet yang dikirimkan selama Olimpiade London 2012.

Penampilan Neymar pada pertandingan berakhir dengan kemenangan itu adalah kemenangan pribadinya, baik dalam makna sepak bola maupun profil online.

Follower akun pemain berusia 22 tahun berambut runcing ini, @NeymarJr, bertambah 165.000 follower berkat pertandingan pembuka itu sehingga kini dia mempunyai 11 juta follower.  Namun dalam soal penetrasi digital ini, Neymar masih di bawah Cristiano Ronaldo.

Reputasi bintang Real Madrid sebagai pemain terbaik dunia, di samping statusnya sebagai simbol seks baik untuk kaum gay maupun heteroseksual membuat Ronaldo tak tersaingi sebagai raja jagat Twitter sepak bola.

Terakhir akun Ronaldo memiliki 27 juta follower atau lebih dari dua setengah kali penduduk Portugal.

Data Twitter pada pertandingan perdana Brasil 2014 menggarisbawahi betapa media sosial dengan cepat mentransformasi cara olah raga internasional dinikmati dengan sejumlah penggemar tegas menghabiskan waktu untuk berkomentar di ponsel pintar dan tablet sebanyak waktu mereka menyaksikan pertandingan itu.

Jutaan pandangan penggemar yang masuk ke Twitter dengan batas 140 karakter itu kemungkinan menyamai atau bahkan melampaui opini penggemar di Facebook, Weibo dan media sosial lainnya di seluruh dunia.

"Gooooooaaaal #Brazil!!"


Jumlah tweet selama 90 menit kira-kira 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan 8,4 juta tweet tercatat selama final sesama Spanyol pada Liga Champions antara Real Madrid dan Atletico Madrid bulan lalu.

Potensi untuk pertumbuhan lebih jauh percakapan online global berkaitan dengan pertandingan-pertandingan besar akan sangat besar.

Sejumlah tweet yang tercatat pada Kamis malam waktu Brasil itu dibandingkan dengan pemirsa televisi global yang diharapkan FIFA mencapai satu miliar orang.

Badan sepak bola dunia itu memperkirakan 2,3 miliar manusia atau hampir separuh dari penduduk Bumi, menonton setidaknya satu pertandingan selama Piala Dunia Afrika Selatan empat tahun silam.

Twitter mengaku memiliki 255 juta pengguna aktif di seluruh dunia, sedangkan Sina Weibo dua kali lebih banyak dari itu.

Bintang Belgia yang memperkuat Chelsea Eden Hazard menjadi yang paling diretweet atas pesan selamatnya untuk rekan satu timnya di Chelsea, Oscar, yang memastikan kemenangan Brasil pagi tadi.

"Congratulation to my bro @oscar11 for your goal (selamat kepada sobatku @oscar11 untuk golmu)," telah diretweet 140.000 kali sampai Jumat pagi waktu setempat atau Jumat sore WIB.

Tweet terlucu lebih banyak ditujukkan kepada kepemimpinan wasit asal Jepang Yuichi Nishimura yang memberikan penalti kontroversial kepada Brasil ketika laga masih berkedudukan 1-1.

Pesan diretweet terpopuler berikutnya setelah Hazard adalah dari Keaton dan Wesley Stromberg yang adalah para awak boyband asal Amerika Serikat, Emblem3.  Keaton mentweet pesan "Game day!" (disertai foto dirinya dengan mengenakan kostum timnas Brasil), sedangkan Wesley mentweet  "Gooooooaaaal #Brazil!!".



Pewarta: *
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014