Jakarta (ANTARA News) - Kolombia lewat permainan lincah pemainnya membekuk Yunani 3-0 pada pertandingan pembuka Grup C Piala Dunia 2014, di Stadion Mineiro, Belo Horizonte, Brasil, Sabtu malam hingga Minggu dini hari WIB.

Gol Kolombia dicetak oleh Pablo Armero ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Kemudian dua gol lainnya diciptakan pada babak kedua yakni oleh Teofilo Gutierez di menit 57 dan terakhir oleh James Rodriguez pada akhir babak kedua menit ke-92.

Hasil ini membuat Kolumbia memimpin Grup C dengan nilai 3. Negara lainnya yang berada di grup ini adalah Pantai Gading dan Jepang yang akan bermain pada Minggu pagi.

Gol pertama Kolombia, dihasilkan Armero dari dalam kotak pinalti setelah setelah sebelumnya menerima umpan dari Juan Cuadrado. Juan Cuardrodo berhasil mengecoh pemain Yunani yang lalu memberikan umpan tarik ke Armero.

Satu menit kemudian, pemain Yunani Panagiotis Kone nyaris menyamakan kedudukan namun tendangannya masih melebar tipis dari gawang.

Setelah itu pemain Yunani berupaya menyerang namun selalu gagal.

Pada menit 27, sundulan Vassilis Torosidis melenceng ke samping gawang. Empat menit kemudian, tendangan Giorgos Samaras berhasil ditangkap kiper David Ospina.

Peluang terbesar Yunani terjadi jelang babak pertama berakhir. Tendangan keras Panagiotis Kone dari luar kotak pinalti mengarah ke gawang namun berhasil ditepis oleh kiper Kolombia.

Pada babak pertama ini satu kartu kuning diberikan oleh wasit Mark W Geiger (AS) terhadap pemain Kolumia C. Sanchez yang menjatuhkan Kone di menit 25.

Pada awal babak kedua, bukannya bertahan, justru Kolumbia ganas menyerang. Aksi para pemain Kolombia yang yang terus menggedor membuat pemain Yunani beberapa kali melakukan pelanggaran. Akibatnya dua kartu kuning diberikan wasit kepada dua pemain Yunani secara berturut-turut karena menjatuhan lawan.

Pada menit 52, S. Papastathopoulos diberikan kartu kuning karena menjatuhkan lawan di dekat kotak pinalti. Tiga menit kemudian giliran D. Salpingidis yang dihukum wasit. Dua menit kemudian Salpingidis diganti oleh Fetlatzidis.

Satu gol Teofilo Gutierez di menit 57 membuat Kolumbia unggul 2-0.

Gol Teo ciptakan setelah Kolombia menerima tendangan sudut. Tendangan sudut datar sedikit berubah arah karena terkena pemain Kolombia lainnya, yang lalu disambut oleh Teo yang tepat berada di depan gawang.
 
Yunani sempat akan memperkecil kekalahan namun sayang sundulan Theofanis Gekas membentur tiang gawang pada menit  62.

Di akhir babak kedua, Kolombia menambah gol melalui James Rodriguez sehingga skor menjadi 3-0 untuk Kolumbia.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014