counter

AS tundukkan Ghana 2-1

AS tundukkan Ghana 2-1

Reaksi para pemain Ghana setelah di kalahkan Amerika Serikat dengan skor 2-1 dalam pertandingan Grup G di Stadion Dunas Arena, Natal, Brasil. (16/6/2014). (AFP PHOTO / JAVIER SORIANO)

Jakarta (ANTARA News) - Gol Clint Dempsey dan pemain pengganti John Brooks membuat AS memetik angka penuh tiga poin setelah menang 2-1 dari Ghana dalam laga Grup G Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Estadio das Dunas, Natal, Brasil, Selasa pagi WIB.

Gol cepat Clint Dempsey pada menit 1 babak pertama mengantarkan Amerika Serikat unggul 1-0 dari Ghana pada babak pertama laga kedua negara di Grup G tersebut. Sejauh ini, gol Dempsey tersebut adalah gol tercepat di turnamen Brasil ini.

Setelah didahului kreasi dari Jermaine Jones, Dempsey mengolah bola melewati barisan depan Ghana untuk diakhirnya dengan melepaskan tembakan kaki kiri ke arah sudut kanan bawah gawang Ghana yang dijaga Adam Kwarasey.

Setelah menggempur AS habis-habisan pada dua babak pertandingan, Ghana akhirnya menyamakan kedudukan pada menit 82 setelah Andre Ayew menciptakan gol usai mengolah umpan Asamoah Gyan untuk diakhirnya dengan tendangan terukur yang memperdaya kiper Tim Howard.

Ghana sepertinya akan terselamatkan dari kekalahan, namun hanya empat menit dari gol Ayew pada menit ke-82, Amerika Serikat kembali unggul pada menit 86 lewat tandukan keras menyusur ke bawah yang dilepaskan pemain pengganti John Brooks.

Menerima kiriman bola lambung dari sepak pojok uang dilepaskan Graham Zusi, Brooks melompat untuk menanduk bola dengan keras dan dia pantulkan ke permukaan lapangan sehingga mengecoh Adam Kwarasey.

Ghana bangkit kembali untuk menyamakan kedudukan tapi tak berhasil dan kedudukan 2-1 bertahan sampai usai pertandingan.

Ghana gagal mengulang dua kali kemenangannya dari Amerika Serikat pada dua pertemuan mereka pada Piala Dunia 2006 (fase grup) dan 2010 (putaran kedua).  Dua pertemuan terdahulu itu pun berakhir dengan skor 2-1.

AS pun menang untuk meraih tiga poin namun menempati peringkat kedua di bawah Jerman yang menghancurkan Portugal 4-0 akibat perbedaan selisih gol, sedangkan Ghana di posisi ketiga dan Portugal di posisi empat.

Statistik FIFA menunjukkan, Ghana mendominasi permainan dengan menguasai 59 persen distribusi bola dan melepaskan umpan hampir dua kali lipat lebih banyak dari AS dengan 425 berbanding 264.

Ghana yang terus menekan sejak kebobolan pada menit pertama babak pertama, menghujani 63 serangan berbahaya yang 21 diantaranya berupa upaya gol dan 13 diantaranya tepat menyasar gawang.

Sebaliknya AS hanya 19 kali melakukan serangan berbahaya, 8 upaya gol dan 6 upaya tepat menyasar gawang.

Susunan pemain:
Ghana:
Adam Kwarasey; Daniel Opare, Jonathan Mensah, Kwadwo Asamoah, John Boye; Christian Atsu (Albert Adomah), Sulley Muntari, Mohammed Rabiu (Michael Essien);  Asamoah Gyan, Andre Ayew, Jordan Ayew (Kevin Prince Boateng).

Amerika Serikat: Tim Howard;  Matt Besler (John Brooks), DaMarcus Beasley, Geoff Cameron, Fabian Johnson;  Michael Bradley, Jermaine Jones, Kyle Beckerman; Clint Dempsey, Alejandro Bedoya (Graham Zusi), Jozy Altidore (Aron Johannsson).

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar