Islam kedepankan nilai-nilai kemanusiaan

Islam kedepankan nilai-nilai kemanusiaan

ilustrasi Replika Al-Quran Raksasa Dua orang melihat replika Al-Quran raksasa yang di pajang di Masjid Raya Al-Azhom, Tangerang, Banten, Senin (4/11). Selain untuk menyambut tahun baru Islam 1435 H, Al-Quran raksasa tersebut juga menyemarakan fetival Al-Azhom 2013. (ANTARA FOTO/Lucky.R) ()

Namun, tolong menolong dan nasihat yang diberikan itu untuk kebaikan, bukan sebaliknya. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut telah tertuang dalam Al Quran,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Islam adalah agama yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, karena mengarahkan pemeluknya untuk saling tolong menolong dan saling menasihati, kata dosen Department of Theology Boston University, Amerika Serikat, James W Morris.

"Namun, tolong menolong dan nasihat yang diberikan itu untuk kebaikan, bukan sebaliknya. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut telah tertuang dalam Al Quran," katanya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa.

Selain itu, kata dia, kepercayaan dan etika adalah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan karena menjadi tata cara bagaimana manusia berhubungan dengan lingkungan sosial, dan bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan orang banyak.

"Etika dan kepercayaan itu menjadi tata cara bagaimana kita semua saling berhubungan dengan lingkungan sosial di sekitar kita, dan cara kita berkomunikasi dengan orang banyak, karena itu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," katanya.

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UMY Hilman Latief mengatakan nilai-nilai kemanusiaan sangat terlihat pada peran lembaga swadaya masyarakat (LSM) Islam seperti yang dilakukan pascatsunami di Aceh.

Menurut dia, pascatsunami di Aceh banyak LSM Islam yang turun langsung dengan berkontribusi membangun kembali infrastruktur yang telah hancur terkena bencana tsunami.

"Banyak LSM Islam yang ikut berkontribusi secara besar-besaran untuk membangun kembali infrastruktur yang hancur karena tsunami. Hal itu membuktikan Islam sebagai agama yang membawa nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

(B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Ketua Umum PBNU sebut bangsa Tiongkok bukan musuh

Komentar