Sao Paulo (ANTARA News) - Bos Timnas Uruguay Oscar Tabarez menyebut pertandingan di mana Luis Suarez sembuh dari cedera untuk mencetak dua gol dan menundukkan tim Inggris yang perkasa 2-1, tepat pada peringatan hari kelahiran pahlawan nasional Uruguay Jose Artigas, sebagai "sarat simbol".

"Jika ini film, orang tak lagi ingin yang lebih baik dari itu, setidaknya di Uruguay," kata dia. "Kami menang setelah melewati laga pertama yang sulit, kami mampu mengalahkan sebuah tim Eropa untuk pertama kali dalam sekian waktu yang lama".

"Banyak orang bilang kami tak akan mampu melakukan hal itu. Saya kira ini adalah hari istimewa karena hari ini adalah ulang tahun Jose Artigas, pahlawan nasional kami, dan kami menang dari tim seperti Inggris".

"Tetapi gol-gol yang dicetak Luis Suarez, pemain yang cedera bulan lalu dan harus menjalani operasi. Jadi bagi kami pertandingan ini sarat dengan simbol-simbol."

Kemenangan Uruguay dari Inggris ini adalah kemenangan pertamanya dari tim-tim Eropa pada Piala Dunia sejak mereka mengalahkan Uni Soviet 1-0 pada Piala Dunia 1970 di Meksiko.

"Kami semua mencintai dia (Suarez) karena dia orang yang luar biasa dan dia adalah seorang pemain paling penting bagi tim kami, dan tentu saja kami mengaguminya dan kami sangat bangga dan sangat bahagia," kata Tabarez.

"Beberapa orang mengatakan dia bermasalah dengan lututnya namun kami menghormatinya dan kesembuhannya, dan kami sudah putuskan dari awal bahwa kami hanya akan menunggu dan melihat bagaimana dia merasa".

"Kami katakan sedari awal, jangan khawatir jika segala sesuatunya tidak berjalan baik karena mungkin Anda kehilangan bola atau tidak cukup kuat menendang, namun saya sungguh percaya pada dia dan saya tahu apa yang bisa dia lakukan di depan gol," tutup Tabarez seperti dikutip AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014