Baghdad (ANTARA News) - Sembilan orang tewas dan 16 orang lagi cedera dalam pemboman di tempat berbeda dan penembakan di Irak pada Ahad (22/6), kata beberapa sumber polisi.

Satu bom mobil meledak pada Ahad malam di dekat tempat pemakaman Kolonel Majid Al-Fahdawi, komandan Brigade Angkatan Darat Ke-28 Irak --yang tewas selama bentrokan dengan gerilyawan untuk memperebutkan daerah perbatasan dengan Suriah.

Seorang pembom bunuh diri yang mengenakan sabuk peledak meledakkan dirinya di Ramadi Timur, sekitar 110 kilometer di sebelah barat Ibu Kota Irak, Baghdad, sehingga menewaskan enam orang dan melukai delapan orang.

Dalam peristiwa serupa, seorang perwira polisi Irak tewas oleh beberapa pria tak dikenal yang bersenjata di pusat Kota Rawa, sebelah barat Provinsi Anbar, kata Xinhua dalam laporannya.

Sementara itu, dua anggota pasukan Peshmerga Kurdi juga tewas dan delapan lagi cedera ketika satu bom pinggir jalan selama patroli mereka di sebelah selatan Kirkuk, sekitar 250 kilometer di sebelah utara Baghdad.

Irak menjadi saksi kerusuhan paling parah dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Misi Bantuan PBB untuk Irak, sebanyak 8.868 orang Irak, termasuk 7.818 warga sipil dan personel polisi sipil, tewas pada 2013, jumlah korban jiwa paling tinggi selama bertahun-tahun, demikian Xinhua.

(C003/A016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014