Sao Paulo (ANTARA News) - Belanda membuktikan diri lebih perkasa dengan mengalahkan Chile 2-0 di Arena Corinthians, Sao Paulo, dini hari WIB ini berkat gol Leroy Fer dan Memphis Depay.

Dengan kemenangan ini, Belanda kokoh di puncak klasemen dengan sembilan poin, menyapu bersih tiga pertandingan, sementara Chile kemungkinan harus berhadapan dengan Brasil yang diprediksi menjadi juara Grup A, di putaran berikutnya.

Babak pertama Belanda dan Chile bermain hati-hati sehingga tak ada gol yang tercipta hingga pluit turun minum ditiup.

Ketika babak kedua dimulai, Alexis Sanchez mencoba menggedor pertahanan Belanda, tetapi benteng Tim Oranye masih terlalu kuat untuk ditembus pemain Barcelona ini.

Wesley Sneijder mencoba melakukan serangan balik dengan Jeremain Lens, tetapi gelandang Galatasaray ini kehilangan kontrol dan membuat Chile menguasai bola pada menit 52.

Pada menit 63 Alexis Sanchez mendapat umpan panjang di area kotak penalti Belanda, tetapi Jasper Cillessen menghalaunya.

Robben kembali menusuk jantungan pertahanan Chile dengan melesakkan tendangan keras, tetapi bola jatuh tepat dipelukan Claudio Bravo.

Pada meenit 73 Belanda mendapat tendangan bebas buah dari pelanggarang pemain Chile kepada Robben. Sneijder mengambil tendangan itu, tetapi Eduardo Vargas menyelamatkan gawang Chile.

Pelatih Louis van Gaal menarik Sneijder keluar dan menggantikan Leroy Fer yang baru pertama kali tampil pada Piala Dunia ini. Pemain kelahiran 1990 ini baru membela Belanda enam kali.

Walaupun demikian, Fer memecah kebuntuan dengan mencetak gol untuk Belanda lewat sundulannya.

Tertinggal 0-1, Jorge Sampaoli menarik Vargas dan memasukkan Pinilla. Lalu, Chile hampir menyamakan kedudukan pada menit 85, tetapi Valdivia terlebih dahulu terperangkap offside.

Unggul 1-0 membuat Belanda menarik Dirk Kuyt dan menggantinya dengan pemain bertahan Kongolo. Memphis Depay kemudian menutup keunggulan Belanda dengan mencetak gol dari assist Robben.

Pada pertandingan lain, Spanyol menang 3-0 atas Australia. Walau menang Spanyol tetap tak lolos ke putaran selanjutnya.

Susunan Pemain:
Belanda:
Jasper Cillessen, Ron Vlaar, Stefan de Vrij, Daley Blind, Nigel de Jong, Daryl Janmaat, Wesley Sneijder, Dirk Kuyt (Terence Kongolo), Georginio Wijnaldum, Arjen Robben, Jeremain Lens (Memphis Depay)

Chile: Claudio Bravo, Francisco Silva (Jorge Valdivia), Gary Medel, Gonzalo Jara, Eugenio Mena, Mauricio Isla, Felipe Gutiérrez (Jean Beauséjour), Charles Aránguiz, Marcelo Díaz, Alexis Sánchez, Eduardo Vargas



Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014