Salvador (ANTARA News) - Walaupun menang 3-1 atas Iran, Bosnia tak lolos ke putaran selanjutnya di Arena Fonte, Salvador, (25/6). Gol Bosnia dicetak oleh Dzeko (23'), Pjanic (59') dan Vrajevic (83'), gol Iran oleh Reza (82').

Edin Dzeko membuat Bosnia memimpin dengan satu gol yang dilesakkannya pada menit 23. Iran bukannya tanpa serangan. Beberapa kali Iran menyoba menyerang tetapi serangannya selalu dipatahkan atau pemain lebih dulu terperangkap offside.

Memimpin 1-0 tidak membuat tim asuhan Safet Susic berhenti menyerang. Lewat gelandang bosnia, Pjanic melepaskan tendangan tetapi tidak membahayakan gawang Iran.

Menit 52, Iran menerima tendangan bebas, Dejagah yang mengambil tendangan itu, tetapi bola masih melebar. Setelah itu Haji Safi melepas tendangan, tetapi diblok oleh Sunjic.

Menit 59 Dzeko bekerja sama dengan Susic untuk membongkar pertahanan Iran. Dan gelandang Miralem Pjanic yang menceteak gol kedua Bosnia. Pjanic membuat satu asis dengan akurasi umpan 83,67 persen, berdasarkan laman FIFA.

Unggul 2-0 membuat Safic mengeluarkan gelandang Anel Hadzic dan memasukkan bek Ognjen Vranjes, menit 61. Sementara Iran mencoba menambah gaya gedor dengan memasukkan penyerang Alireza Jahan Bakhs dan mengganti gelandang 24 tahun Ehsan Haji Safi.

Menit 82, Iran mendapatkan sepak pojok, tetapi bola dapat dihalau oleh pertahanan Bosnia. Bola yang bergulir jauh ke tengah mendarat di kaki pemain Iran dan mengumpan ke kotak pinalti, Reza yang ada di depan gawang tak menyiakan kesempatan dan membawa Iran mendekati Bosnia 1-2. Ini merupakan gol pertama Reza di turnamen ini.

Namun, satu menit berselang Bosnia membalas lewat Vranjes. Vranjes membuat Bosnia kembali unggul 3-1.

Sementara di pertandingan lain, Argentina menang 3-2 atas Nigeria. Dengan demikian Argentina lolos ke putaran selanjutnya sebagai pemuncak klasemen, diikuti oleh Nigeria.

Susunan Pemain:

Bosnia: Asmir Begovic, Avdija Vrsajevic, Emir Spahic, Sead Kolasinac, Muhamed Besicm, Miralem Pjanic, Vedad Ibisevic, Edin Dzeko, Tino Sven Susic (Sejad Salihovic), Toni Sunjic, Anel Hadzic (Ognjen Vranjes)

Pelatih: Safet Susic

Iran: Alireza Haghighi, Ehsan Haji Safi (Alireza Jahan Bakhs), Jalal Hosseini, Amirhossein Sadeghi, Javad Nekounam, Masoud Shojaei, Andranik Timotian, Pejman Montazeri, Reza Ghoochannejhad, Ashkan Dejagah (Karim Ansari Fard), Mehrdad Pooladi

Pelatih: Carlos Queiroz (*)

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014