Jakarta (ANTARA News) - Gelandang Bayern Munchen  Xherdan Shaqiri menjadi pemain kedua pada Piala Dunia ini yang menciptakan trigol setelah pada menit 71 babak kedua dalam laga terakhir Grup E antara Swiss melawan Honduras di Arena Amazonia, Manus, dini hari ini, untuk membawa Swiss unggul sementara 3-0.

Seperti pada gol keduanya, Shaqiri bekerjasama dengan striker Josip Drmic yang beroperasi di sektor kanan sistem serangan Swiss dengan mengolah bola untuk melepaskan umpan yang sudah ditunggui Shaqiri dengan berlari kencang dan mengakhirnya dengan tendangan kencang yang tak bisa diantisipasi  kiper Honduras Noel Valladares.

Gol pertama Shaqiri tercipta pada menit 6 setelah menerima umpan Stephan Lichsteiner dari sebelah kiri pertahanan Honduras.

Shaqiri bergerak membawa bola untuk mencari ruang tembak dengan melalui kawalan bek Honduras Juan Carlos Garcia untuk kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak terjangkau kiper Honduras Noel Valladares.

Infostrada mentwit bahwa keberhasilan Shaqiri yang mengenakan kaus bernomor punggung 23 itu dalam mencetak gol bagi Swiss ini membuat kostum bernomor 1 sampai 23 (kecuali 1, kiper) sudah mencetak gol pada Piala Dunia 2014.

15 menit kemudian dia menciptakan gol keduanya lewat aransemen yang hampir sama dengan gol pertama, kali ini dia bekerjasama dengan striker Josip Drmic.

Drmic menerima bola dari sebuah operan dari daerah pertahanan Swiss yang dibawanya lewat sisi kanan pertahanan Honduras untuk diteruskan kepada Shaqiri yang berlari di tengah dan melepaskan tendangan keras yang untuk kedua kali tak bisa dihalau Noel Valladares.

Tiga gol Shaqiri adalah trigol pertama Swiss pada turnamen Piala Dunia sejak terakhir mereka melakukannya pada Piala Dunia 1954.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014