Jakarta (ANTARA News) - Fase grup telah selesai dan babak 16 Besar akan segera dimulai Sabtu malam esok namun Piala Dunia kali ini tidak akan mempertemukan empat mantan juara dunia yaitu Brasil, Uruguay, Prancis dan Jerman pada partai final karena keempat tim berada di lajur sama yang memungkinkan mereka bertemu lebih awal ketimbang di final.

Brasil, Chile, Kolombia, Uruguay, Prancis, Nigeria, Jerman dan Aljazair berada dalam satu lajur kompetisi yang sama.

Untuk itu impian legenda sepak bola Pele guna melihat partai balas dendam final Piala Dunia 1950 di Maracana antara Brasil versus Uruguay tak akan terjadi.

Kedua negara kemungkinan sudah bertemu pada perempat final, jika mereka sukses mengalahkan lawan-lawannya pada 16 Besar.

Sementara juara dunia dua kali Argentina dan Belanda yang beberapa kali menjadi finalis Piala Dunia juga tidak akan bertemu di final karena keduanya harus bertemu lebih awal di semifinal, jika keduanya mulus menghadapi lawan-lawannya di 16 Besar dan perempatfinal.

Belanda dan Argentina berada dalam satu lajur kompetisi dengan Kosta Rika, Meksiko, Yunani, Swiss, Belgia dan Amerika Serikat.

Berdasarkan data jadwal Piala Dunia 2014, final ideal antar mantan juara dunia, akan terjadi antara Brasil atau Uruguay atau Jerman atau Prancis, melawan Argentina atau Belanda (dengan catatan tim-tim ini tidak dijegal oleh lawan-lawannya pada babak 16 Besar, perempat final atau semifinal).

Tidak akan ada final Jerman vs Brasil, sebaliknya final Brasil vs Argentina dimungkinkan terjadi, sama halnya dengan final Brasil vs Belanda atau Jerman vs Belanda atau Jerman vs Argentina atau skenario lain yang melibatkan Prancis dan Uruguay, jika perjalanan mereka mulus pada 16 Besar, perempat final dan semifinal.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014