Beijing (ANTARA News) - Umat Muslim di Tiongkok pada Sabtu malam mulai melaksanakan salat tarawih menandai mulainya puasa Ramadhan.

Umat muslim, khususnya di Beijing mendatangi mesjid-mesjid untuk melaksanakan shalat Isya, dilanjutkan shalat tarawih berjamaah. Mesjid Niu Jie dan Dongsi, merupakan mesjid terbesar di Beijing dan banyak dikunjungi umat muslim di Beijing.

Li Xian, salah seorang jemaah di Mesjid Niu Jie mengemukakan dirimya bersama sang ayah selalu mengawali Ramadhan dengan shalat tarawih dilanjutkan dengan tadarus di mesjid yang dibangun pada 996 itu.

"Kami bangun dinihari untuk sahur, lalu ke mesjid untuk shalat subuh, saat kerja kami pun melaksanakan shalat lainnya dan jika waktu Isya tiba kami pun ke mesjid untuk ibadah, bertarawih, tadarus," ungkapnya.

Seperti halnya di Indonesia, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh kebaikan.

"Di bulan ini, kami saling berbagi, meningkatkan solidaritas sesama umat Muslim, dan umat lainnya di sini," kata Li Xian

Di Mesjid Dongsi yang usianya 500 tahun, warga muslim Beijing pun banyak yang hadir untuk bertarawih.

Data Asosiasi Islam Tiongkok mencatat kini terdapat 20 hingga 30 juta umat muslim di Tiongkok dan terdapat sekitar 40.000 mesjid di seluruh negeri.

(R018/A011)

Pewarta: Rini Utami
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014