Timika (ANTARA) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan sekitar 1.000 umat Muslim di daerah ini mengikuti Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah yang berpusat di pelataran Gedung Eme Neme Yauware di Jalan Budi Utomo Kota Timika.

Ketua PHBI Kabupaten Mimika Laitam Gredenggo di Timika, Rabu, mengatakan Idul Fitri menjadi jembatan menuju kebahagiaan dengan membangun tradisi beragama.

"Kami atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Mimika menyampaikan selamat Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya.

Baca juga: Ribuan umat Shalat Idul Fitri di Masjid Syekh Yusuf Gowa

Ia menyatakan bersyukur meskipun saat takbiran pada Selasa (9/4) malam daerah itu diguyur hujan, akan tetapi saat Shalat Id dalam cuaca yang baik.

"Alhamdulillah Shalat Id berlangsung penuh hikmat, aman, dan lancar tanpa kendala apapun, terima kasih bagi semua pihak yang terlibat untuk suksesnya Shalat Id hari ini," ujarnya.

Dia menyebut pelataran Gedung Eme Neme Yauware dipenuhi umat Muslim untuk Shalat Id hingga keluar pagar dan ke jalan raya.

"Setiap tahun antusias umat Muslim untuk Shalat Id selalu tinggi, tetapi untuk tahun ini lebih tinggi lagi karena penuh sampai ke jalan raya," katanya.

Dia mengatakan kerukunan umat beragama di Mimika sudah terbentuk sejak lama. Setiap tahun anak-anak Papua sekitar pelataran Gedung Eme Neme Yauware dengan suka rela membantu membersihkan lokasi Shalat Id.

"Setiap tahun dari sejak dulu, anak-anak dengan sukacita membantu membersihkan lokasi shalat dan kami memberikan ucapan terima kasih dan ini menjadi warna terindah dalam sebuah nilai kerukunan umat beragama dan antar suku di Mimika," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat padati Masjid Istiqlal untuk Shalat Idul Fitri
Baca juga: Masjid Al-Azhar tampung 15 ribu umat pada Shalat Idul Fitri 1445 H
Baca juga: Ribuan umat Muslim Sorong Selatan Shalat Idul Fitri di bandara

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024