Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kembalinya Uruguay ke Stadion Maracana, Rio de Janeiro, tempat kejayaan mereka menjungkalkan tuan rumah Brasil 2-1 pada laga puncak Piala Dunia 1950 itu gaungnya kalah kencang dari kontroversi penyerang mereka, Luis Suarez.

Uruguay akan kembali ke Maracana pada Minggu malam WIB untuk melakoni laga 16 besar Piala Dunia 2014 menghadapi Kolombia, namun sorotan dunia internasional lebih kepada insiden gigitan ketiga Suarez dan hukuman yang menyertainya.

Hukuman larangan tampil di sembilan laga internasional untuk Uruguay dan empat bulan dilarang bersentuhan dengan dunia sepak bola, memastikan Suarez absen dari laga kali ini.

Sebagaimana dilakoni di laga pertama saat menghadapi Kosta Rika, kala itu Suarez masih belum fit, pelatih Oscar Tabarez memasangkan Diego Forlan untuk mendampingi Edinson Cavani di ujung tombak.

Sementara kapten Diego Lugano juga tidak diturunkan sejak awal, Jose Gimenez mendampingi Diego Godin, pencetak gol kemenangan 1-0 atas Italia sekaligus pengemban ban kapten untuk laga kali ini.

Sementara itu di kubu Kolombia tengah dibanjiri ekspektasi untuk kali pertama menjejakkan kaki di babak perempat final.

Pelatih Jose Pekerman menurunkan kembali tim utama yang sempat diistirahatkan kala mereka melibas Jepang 4-1 di laga terakhir, termasuk kembalinya duet kapten Mario Yepes dan Cristian Zapata sebagai palang pintu pertahanan.

Sementara itu Teofilo Gutierrez dan James Rodriguez kembali turun sejak awal untuk membangun serangan bersama dengan Jackson Martinez.

Catatan pertemuan antara kedua tim sudah terjadi sebanyak 38 kali dengan Uruguay memenangi 18 di antaranya sementara Kolombia menang 11 kali, sisanya imbang sembilan laga.

Dua pertemuan terakhir, di babak kualifikasi zona Amerika Selatan atau CONMEBOL, Kolombia lebih dulu menang 4-0 kemudian dibalas Uruguay menang 2-0.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Kolombia: David Ospina (PG), Juan Zuniga, Cristian Zapata, Mario Yepes (K), Pablo Armero, Juan Cuadrado, Abel Aguilar, Carlos Sanchez, Teofilo Gutierrez, James Rodriguez, Jackson Martinez

Pelatih: Jose Pekerman

Uruguay: Fernando Muslera (PG), Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin (K), Maximiliano Pereira, Alvaro Gonzalez, Egidio Arevalo Rios, Cristian Rodriguez, Alvaro Pereira, Edinson Cavani, Diego Forlan

Pelatih: Oscar Tabarez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014