London (ANTARA News) - Kekalahan John Isner dari petenis Spanyol Feliciano Lopez di Wimbledon pada Senin membuat AS tidak memiliki wakil pada putaran keempat baik pada kategori tunggal putra maupun tunggal putri untuk pertama kalinya sejak 1911.

Meski melepaskan 52 ace, petenis AS itu takluk (8)7-6, (6)6-7, 5-7 pada pertandingan putaran ketiga yang sempat dihentikan pada Sabtu karena hujan deras.

Sebelumnya, petenis muda Madison Keys harus mengundurkan diri dari pertandingan putaran ketiganya melawan Yaroslava Shvedova asal Kazakhstan karena cedera kaki, dalam kondisi tertinggal 7-6, 6-6 ketika pertandingan dihentikan karena minimnya cahaya pada Sabtu malam.

Petenis peringkat satu dunia Serena Williams secara tidak terduga takluk pada putaran ketiga oleh Aliza Cornet asal Prancis pada Sabtu - ini merupakan fase tersingkir paling dini bagi juara lima kali asal AS itu sejak 2005.

Ketika Williams menikmati banyak kesuksesan Grand Slam pada satu dekade terakhir, para petenis putra AS kesulitan untuk bersinar setelah pensiunnya Pete Sampras dan Andre Agassi.

Kesuksesan Andy Roddick pada 2003 di AS Terbuka merupakan kesuksesan terakhir di ajang utama untuk tenis putra AS.

Tahun lalu untuk pertama kalinya dalam 101 tahun tidak ada petenis putra AS yang mencapai putaran ketiga Wimbledon.

Isner, setidaknya, menghindari terulangnya statistik buruk tersebut, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-RF/A020)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014