... bukti luar biasa impian kita terus berkembang... "
Jakarta (ANTARA News) - Legenda hidup tenis wanita dunia, Billie Jean King, dinobatkan menjadi duta resmi Asosiasi Tenis Wanita (WTA) Finals, di Singapura, karena dianggap sebagai tokoh permberdayaan wanita dan perempuan di seluruh dunia.

"Ini adalah adalah acara final bersejarah yang dapat mendorong pertumbuhan dunia tenis putri untuk dekade selanjutnya," kata Ketua dan CEO WTA, Stacey Allaster, dalam keterangan diperoleh di Jakarta, Rabu.

King mengapresiasi perhelatan kompetisi tenis putri yang pertama kalinya diselenggarakan di Asia Pasifik dan berharap para penggemar bisa mendapatkan inspirasi dari kemampuan kesungguhan para pemain terbaik dunia tenis putri.

"Menyelenggarakan WTA Finals di kawasan Asia Pasifik untuk pertama kalinya, bukti luar biasa impian kita terus berkembang. Lebih dari 40 tahun sejak WTA didirikan dan pertandingan pertama dilangsungkan, saya gembira bisa turut membawa acara ini ke tingkatan baru lebih baik," ujar King.

Sebelum memprakarsai WTA pada 1973, King salah satu dari sembilan pemain (Original 9) yang memisahkan diri dari kelembagaan tenis pada 1970 dan menerima kontrak satu dolar AS dari promotor tenis, Gladys Heldman.

Ini merupakan gerakan kelahiran tenis putri profesional.

Pada 1974, ia mendirikan Women's Sports Foundation dan Mylan World TeamTennis. Tak hanya itu, ia juga dianugerahi President Medal of Freedom, dari Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada 2009.

"Impian dari tiap anggota Original 9, para pemain tenis putri profesional, adalah bahwa tiap perempuan, di manapun ia lahir, dapat tumbuh dan hidup dari dunia tenis apabila ia memang cukup berkompeten," katanya.

Sebagai duta resmi WTA Finals, ia mengaku akan menggalakkan kesehatan fisik dan emosional wanita dan perempuan muda di kawasan Asia Pasifik melalui program komunitas muda, forum pendidikan dan beragam acara di Singapura.

Bersama Chris Evert dan Martina Navratilova sebagai duta resmi dari program akhir musim WTA, King akan hadir mempersembahkan Piala Billie Jean King kepada juara tunggal BNP Paribas WTA Finals Singapura 2014 yang dipersembahkan SC Global pada 17-26 Oktober 2014.

Pewarta: Ade Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014