Beirut (ANTARA News) - Delapan anggota satu keluarga tewas Sabtu ketika pesawat Suriah menjatuhkan bom barel mengemas peledak di kota di provinsi Suriah selatan Daraa, kata pemantau.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, seorang pria, istrinya dan enam anak mereka tewas dalam serangan di kota Dael.

Seorang pria lain tewas dalam serangan bom barel di tempat lain di selatan provinsi, kata kelompok yang berbasis di Inggris itu.

Sebuah video dari Dael menunjukkan laki-laki yang membawa sisa-sisa tubuh setelah serangan tersebut.

"Ini adalah semua yang tersisa dari keluarga," kata seorang pria.

"Dimana kebanggaan Arab di bulan suci Ramadhan? Ini adalah apa yang terjadi pada anak-anak. "

Observatorium mengatakan anak-anak berusia 13, 12, 11, 10, delapan dan dua telah menjadi korban.

Pasukan rezim Suriah menguasai kota Daraa, namun provinsi ini dibagi antara pemberontak dan dikontrol pemerintah.

Di tempat lain, Observatorium mengatakan 15 pejuang Kurdi Suriah tewas Jumat dalam bentrokan dengan kelompok jihad Negara Islam (IS)di Zur Maghar, wilayah Provinsi Aleppo, di Suriah utara.

IS merebut Zur Maghar dan kota terdekat Bayada pada Jumat ketika pasukan pemberontak terus bertempur di tempat lain di Suriah utara.

Di samping front itu, pasukan rezim telah membuat kemajuan baru di pinggiran Aleppo timur.

Kota, setelah pusat ekonomi Suriah, itu telah terbagi antara kontrol pemberontak di timur dan kontrol pemerintah di barat sejak setelah pertempuran meletus di sana pada musim panas 2012.

Tetapi pasukan rezim dalam beberapa hari terakhir mulai mengepung pinggiran timur kota, merebut sektor industri Sheikh Najjar ke timur laut dan mengancam rute pasokan pemberontak.

Selain memerangi rezim, pemberontak telah berjuang menghadapi IS, yang sebelumnya dikenal sebagai Negara Islam Irak dan Mediterania sejak Januari.

Kelompok ini telah menjadi terkenal karena pelanggaran terhadap warga sipil dan kekuatan oposisi, dan pekan lalu mengumumkan pembentukan sebuah "khalifah" Islam - negara yang mempersatukan perbatasan antara Suriah dan Irak, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014