Sao Paulo (ANTARA News) - Tim asuhan Louis van Gaal sedikit tertatih saat menghadapi Kosta Rika di babak perempat final meski akhirnya menyudahi dengan brilian lewat taktik mengganti penjaga gawang pada drama adu penalti.

Pada Kamis pagi WIB di Corinthians Arena, Sao Paulo Brasil, Belanda, akan menghadapi Argentina di babak semifinal Piala Dunia 2014, yang sepanjang turnamen ini sebagaimana diakui sang pelatih banyak bergantung pada kehadiran sosok Sang Mesiah, Lionel Messi.

Pemenang laga kedua tim akan berhak melaju ke Stadion Maracana, Rio de Janeiro, untuk melakoni partai puncak menghadapi Jerman yang sudah lebih dulu memastikan satu tempat setelah sukses meluluhlantakkan tuan rumah Brasil 7-1, Rabu WIB.

Secara catatan pertemuan, Belanda memiliki hasil yang lebih positif yakni menang empat kali, tiga kali imbang dan hanya sekali kalah dari Argentina.

Kapten Belanda, Robin van Persie, tetap diturunkan meski sehari sebelumnya sempat diragukan tampil lantaran mengalami masalah dengan ususnya.

Sementara penyerang Fenerbahce, Dirk Kuyt, tetap dipercaya van Gaal untuk diplot sebagai bek sayap di sisi kanan, mendampingi Daley Blind yang berada di sisi kiri.

Sedangkan pada kubu Argentina, Enzo Perez mengisi lubang yang ditinggalkan gelandang serang Real Madrid, Angel Di Maria, yang dipastikan absen dari sisa pertandingan Piala Dunia 2014.

Penyerang Paris Saint-Germain, Ezequiel Lavezzi, juga kembali dipercaya turun sejak awal, meninggalkan penyerang Manchester City, Sergio Aguero di bangku cadangan.

Lavezzi dipercaya Sabella mendampingi penyerang Napoli dan bintang sekaligus kapten tim, Lionel Messi, di lini depan.

Sebagai catatan sebelum tendangan pembuka laga semi final antara Belanda melawan Argentina, FIFA akan mengadakan mengheningkan cipta untuk mengenang legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano, yang baru saja mangkat dalam usia 87 tahun.

Berikut susunan pemain kedua tim berdasarkan laman resmi FIFA.

Belanda: Jasper Cillessen (PG), Stefan de Vrij, Ron Vlaar, Bruno Martins Indi, Dirk Kuyt, Georginio Wijnaldum, Nigel de Jong, Wesley Sneijder, Daley Blind, Arjen Robben, Robin van Persie (K)

Pelatih: Louis van Gaal

Argentina: Sergio Romero (PG), Pablo Zabaleta, Martin Demichelis, Ezequiel Garay, Marcos Rojo, Lucas Biglia, Javier Mascherano, Enzo Perez, Ezequiel Garay, Lionel Messi (K), Gonzalo Higuain

Pelatih: Alejandro Sabella. (*)

Penerjemah: Gilang Giliarta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014