New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street pulih dari penurunan tajam pada pembukaan perdagangan yang dipicu oleh ketakutan atas bank Portugal dan kehati-hatian para investor, menjadi berakhir dengan kerugian moderat pada Kamis (Jumat pagi WIB).

Setelah reaksi awal, para pedagang tampaknya mendiskon potensi dampak masalah bank Portugal, Banco Espirito Santo, yang berbasis di Lisbon, yang mengirim rasa ngeri melalui pasar keuangan Eropa, lapor AFP.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 70,54 poin (0,42 persen) menjadi 16.915,07.

Indeks berbasis luas S&P 500 turun 8,15 poin (0,41 persen) menjadi 1.964,68, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq melemah 22,83 poin (0,52 persen) menjadi 4.396,20.

Kerugian awal untuk S&P hampir satu persen.

"Portugal tentu sebuah masalah ... berita bahwa ada kekhawatiran tentang gagal bayar oleh pemberi pinjaman terbesar kedua di negara itu tentu membuat banyak volatilitas," kata Alan Skrainka dari Cornerstone Wealth Management.

"Ini menunjukkan ada banyak kegelisahan, setelah pasar AS mencapai rekor tertinggi pada pekan lalu," katanya, menyebut berita itu "alasan untuk para investor di pasar saham melakukan aksi jual."

Saham jaringan televisi CBS jatuh 3,5 persen, dengan beberapa analis menyalahkan aksi jual karena sebuah penghinaan dari beberapa acara peringkat teratasnya seperti "The Good Wife" dalam nominasi untuk Primetime Emmy Awards.

Netflix, yang menerima beberapa nominasi untuk acara pertunjukkannya "House of Cards" dan "Orange is the New Black", kehilangan 1,0 persen. Pemenang besar dalam nominasi adalah HBO, yang merupakan induk perusahaan Warner merosot 0,3 persen.

Induk perusahaan United Airlines, UnitedContinental Holdings, melonjak 12,7 persen karena data lebih baik dari perkiraan pada pendapatan per-penumpang pada kuartal kedua.

TRW Automotive juga melawan tren pasar, melompat 7,8 persen karena mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima sebuah tawaran pembelian. Perusahaan tidak memberikan rincian tetapi laporan media mengatakan pembelinya adalah perusahaan Jerman, ZF Friedrichshafen.

Pembuat supercomputer Cray mengumumkan kesepakatan 174 juta dolar AS dengan Badan Keamanan Nuklir Nasional, mengirim sahamnya naik 15,8 persen.

Pengecer lantai kayu keras Lumber Liquidators jatuh 21,5 persen setelah memotong proyeksi laba kuartal keduanya sepertiga, mengutip penjualan yang lambat sebagian disebabkan oleh cuaca sangat keras di awal tahun.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun AS turun menjadi 2,54 persen dari 2,55 persen pada Rabu, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,37 persen dari 3,36 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014