Inggris (ANTARA News) - Chelsea mendatangkan kembali penyerang legendaris Didier Drogba dengan masa kontrak satu tahun.

Drogba meninggalkan Chelsea pada 2012, mencetak gola dari adu penalti kemenangan yang membawa The Blues merengkuh piala Liga Champions melawan Bayern Munchen. Gelar itu didapat setelah delapan tahun bermain dengan klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu.

Pemain 36 tahun itu bergabung dengan Shanghai dan kemudian pindah ke Galatasaray, tetapi kontraknya dengan klub Turki itu berakhir dan dia kini berstatus bebas transfer. Statusnya itu membuat Drogba dikabarkan akan kembali ke Chelsea dan pemenang Liga Italia Juventus.

Pelatih Chelsea Jose Mourinho yang pertama mendatangkan Droga dari Marseille pada 2004  dengan harga 24 juta pound mengaku perasaan sentimental tidak ada hubungannya dengan keputusannya membawa kembali penyerang Pantai Gading itu ke klub London Barat tersebut.

Kata Mourinho dalam laman resmi klub, "Dia (Drogba) kembali karena menjadi salah satu penyerang terbaik di Eropa."

"Saya tahu kepribadiannya dengan baik dan saya tahu jika dia kembali, dia tidak akan dilindungi oleh sejarah atau apa yang telah dia lakukan untuk klub sebelumnya. Dia datang dengan mentalitas untuk membuat sejarah."

Sementara Drogba mengatakan, "Itu keputusan yang mudah, saya tidak bisa menolak kesempatan bekerja sama dengan Jose lagi."

"Setiap orang tahu hubungan spesial antara saya dan klub ini dan ini selalu terasa seperti rumah bagi saya," ungkap Drogba.

"Keinginan saya untuk menang masih sama dan saya menantikan kesempatan untuk membantu tim ini. Saya bersemangat untuk bab baru dalam karir saya."

Drogba masuk jajaran pemain hebat Chelsea sepanjang masa dalam jejak pendapat  fans pada 2012. Hanya Frank Lampard (211), Bobby Tambling (202), dan Kerry Dixon (192) yang melebihi dia dalam mencetak gol untuk klub ini.

Sementara Drogba mencetak 157 gol dalam 341 pertandingannya masa bakti pertamanya dengan Chelsea, memenangkan tiga tropi Liga Inggris, empat piala FA, dua Piala Liga, juga Liga Champions.

Dia pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Chelsea dan Pemain Terbaik serta memenangkan Sepatu Emas Liga Inggris dua kali.

Drogba mencetak sembilan gol di putaran final untuk The Blues dan 34 gol di kompetisi Eropa.

Drogba pernah bermain melawan Chelsea ketika di Galatasaray pada Liga Champions musim lalu, dan mendapatkan sambutan meriah oleh suporter Chelsea.

Sementara untuk negaranya, Drogba bermain pada ketiga pertandingan Piala Dunia Brasil, pemilik 104 kali penampilan dan 64 gol internasional, demikian Sky Sports.





Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014