...karena arus mudik sudah menurun
Jakarta (ANTARA News) - Jalan tol Jakarta menuju Cikampek terpantau lengang satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Minggu.

Menurut pantauan Antara, ruas Tol Kampung Rambutan menuju Cikampek melalui Cawang sepi kendaraan bila dibandingkan hari sebelumnya. Tol Kampung Rambutan arah Jatiasih juga lengang pada sekitar pukul 12.30 WIB.

"Sepi karena arus mudik sudah menurun," kata Aiptu Nur Hidayat dari Dirlantas Polda Metro Jaya yang bertugas di pos pengamanan lebaran di Kampung Rambutan.

Ia mengatakan kendaraan yang melewati jalur Kampung Rambutan adalah bis yang keluar-masuk terminal maupun kendaraan pribadi yang mudik.

Sementara itu, Jalan Inspeksi Kalimalang menuju Bekasi, yang menjadi jalur mudik ke Cikampek dengan sepeda motor, terpantau ramai lancar. Menurut Kepala Pos Pengamanan Lebaran Duren Sawit AKP Jajuli, sepinya kendaraan salah satunya juga disebabkan oleh hujan pada Sabtu (26/7).

"Hati-hati mengingat hujan, apalagi bila membawa anak," katanya.

Berdampingan dengan Pos Pengamanan Lebaran di Duren Sawit, Puskemas Duren Sawit juga membuka Pos Pelayanan Kesehatan.

Gunawan, perawat yang bertugas di pos kesehatan, mengatakan pemudik dapat beristirahat di tempat itu bila kelelahan.

Puskesmas Duren Sawit menyediakan tempat duduk, satu tempat tidur lipat, dan air minum bagi pemudik yang ingin beristirahat. Mereka juga menyiapkan satu unit ambulan bila ada pemudik yang harus dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Pewarta: Natisha Andarningtyas/Teguh Handoko
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014