Bandung (ANTARA News) - Kendaraan pemudik dari arah Bandung menuju Ciamis masih dilarang melewati jembatan Cibaruyan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jabar, Minggu siang.

Jembatan yang ambruk lintas jalur selatan Jabar itu sudah dalam tahapan penyelesaian perbaikan, namun belum dapat dilewati kendaraan roda empat.

Arus kendaraan dari arah Bandung masih tetap dialihkan dari kawasan Rajapolah untuk menggunakan jalur Kota Tasikmalaya kemudian kembali masuk ke jalan raya Ciamis.

"Kalau warga sini yang pakai motor bisa lewat jembatan, tapi kalau mobil tidak bisa, dari Rajapolah juga sudah dialihkan," kata Ema, warga Tasikmalaya.

Sebelumnya longsor telah merusak sebagian fondasi jembatan dan membuat retakan jalan aspal di jalur nasional itu, Kamis (24/7) sekitar pukul 03.00 WIB.

Sementara itu Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan jembatan Cibaruyan di Kabupaten Ciamis sudah bisa dilewati oleh para pemudik setelah dipasang "bailey" (jembatan darurat) dan rencananya dibuka kembali secara resmi, Minggu.

Pembangunan jembatan darurat itu sudah selesai dipasang sepanjang 60 meter, Sabtu (26/7) pukul 18.30 WIB.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014