Jokowi resmikan Kantor Transisi

Jokowi resmikan Kantor Transisi

Presiden terpilih Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi - JK, Rini Soewandi (kanan) dan tiga orang Deputi Kepala Staf, Anies Baswedan (ketiga kiri), Akbar Faisal (kedua kiri) dan Andi Wijayanto (kiri) meresmikan pembukaan Kantor Transisi Jokowi - JK di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/8).(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Asf/pd/14)

Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini Kantor Transisi saya buka
Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kantor Transisi di Jalan Situbondo nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 13.05 WIB.

"Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini Kantor Transisi saya buka," kata Jokowi sambil membuka tirai bingkai Kantor Transisi.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan fungsi dan tugas dari Kantor Transisi tersebut adalah mempersiapkan penjabaran visi-misi, sembilan program aksi dan seluruh janji kampanyenya.

"Jadi kantor ini kita mulai karena kita harus mempersiapkan semuanya meski saya sampaikan di depan kita sangat menghormati proses di MK, tugas kantor ini mempersiapkan hal strategis berkaitan APBN 2015 dan berhubungan dengan pemerintahan sekarang," kata Jokowi yang saat itu didampingi oleh Anies Baswedan dan Kepala Staf serta Deputi Kantor Transisi.

Jokowi melanjutkan, tugas tim di Kantor Transisi adalah mempersiapkan konsep kelembagaan pemerintahan di bawah presiden baik kantor kepresidenannya maupun arsitektur kabinetnya.

"Tim juga akan menjabarkan visi misi presiden dan wakil presiden terpilih dalam rencana dan program kebijakan. Selain itu, tim juga mempersiapkan upaya mempercepat pelaksanaan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar," katanya.

Sementara itu, pembahasan terkait rekrutmen dan seleksi menteri anggota kabinet sepenuhnya menjadi tanggung jawab Presiden sesuai dengan sistem Presidensial.

"Yang berada di kantor ini tidak otomatis masuk ke kabinet misalnya Deputi Pertanian langsung jadi Menteri, tidak begitu. Tapi iya mereka akan bahas soal itu," katanya.

Kantor Transisi dipimpin oleh Kepala Staf, Rini M Soemarmo yang dibantu empat deputi yakni Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan dan Akbar Faizal.

"Tanggung jawab staf dan deputi meliputi komunikasi politik, mengelola kelompok-kelompok kerja dan lain-lain," katanya.

Kantor Transisi juga dilengkapi oleh beberapa penasihat senior dan satuan tugas khusus.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar