Semarang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang jadwal operasional KA Lebaran hingga 10 Agustus mendatang untuk memfasilitasi banyaknya pemudik yang belum kembali ke Jakarta.

"Keberangkatan dari Senen (Stasiun Pasar Senen) ke timur sampai tanggal 1 Agustus 2014 masih tinggi, masih sekitar 20-21 ribu penumpang," kata Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan tingginya keberangkatan dari Jakarta ke arah timur sudah terjadi sejak 22 Juli sampai 1 Agustus 2014 yang mengartikan masih banyak pula masyarakat yang baru mudik setelah hari raya.

Bahkan, kata dia, arus penumpang KA dari Jakarta ke timur pada 2 Agustus lalu ternyata juga masih relatif tinggi sekitar 19 ribu penumpang dibandingkan keberangkatan pada hari-hari biasa.

"Dari Gambir saja, keberangkatannya masih sekitar 10 ribu penumpang, lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Kalau biasanya paling sekitar 5.000-6.000 penumpang," katanya.

Atas pertimbangan masih tingginya arus penumpang dari Jakarta itulah, kata dia, PT KAI memutuskan untuk memperpanjang jadwal operasional KA Lebaran 2014 hingga enam hari mendatang (10/8).

"Ya kan bisa juga mereka baru mudik setelah hari raya. Istilahnya mereka sudah ngalah tidak berhari raya di kampung halaman karena masih tugas dan sebagainya. Kasihan kalau tidak difasilitasi," katanya.

Berkaitan dengan arus mudik dan balik Lebaran 2014, ia mengakui ada peningkatan dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, baik dari volume penumpang maupun keuntungan yang didapat PT KAI.

Untuk keuntungan, Jonan mengatakan setidaknya sudah mencapai 257 miliar atau meningkat sekitar 16 persen dibandingkan tahun lalu, sementara untuk volume penumpang meningkat sekitar 19 persen.

Sementara itu, Kepala PT KAI Daops IV Semarang Wawan Ariyanto mengatakan KA penumpang dari wilayah itu sampai saat ini masih didominasi para penumpang arus balik yang menggunakan KA-KA jarak jauh.

Secara keseluruhan, penumpang yang naik dari wilayah Daops IV Semarang sejak 18 Juli-3 Agustus 2014 telah mencapai 275.507 penumpang, naik 65 persen dari tahun lalu sebanyak 166.680 penumpang.

Arus penumpang yang turun di wilayah Daops IV Semarang juga masih tinggi selama dua hari terakhir, seperti pada 2 Agustus 2014 sebanyak 15.846 penumpang dan 3 Agustus 2014 sebanyak 14.346 penumpang.

Kondisi arus balik lewat angkutan KA yang masih padat itu, kata Wawan, dipastikan akan berlangsung hingga 10 Agustus mendatang.

(KR-ZLS/I007)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014