Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap mengamankan jalannya sidang perdana perkara hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2014 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (6/8).

"Mekanisme pengamanan untuk (sidang gugatan Pilpres) di MK tentu ada. Sudah ada pengamanan untuk hakim konstitusi dan untuk lokasi juga sudah ada," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa petugas Kepolisian sudah beberapa kali melakukan latihan untuk pengamanan persidangan gugatan Pilpres di MK.

"Petugas kami sudah berlatih terus. Maka inilah saatnya untuk melaksanakan apa yang sudah pernah dilatihkan," ujarnya.

Adapun jumlah anggota Polri yang terlibat dalam operasi Marta Brata untuk pengamanan Pilpres 2014 secara keseluruhan adalah 253.000 orang.

Namun, untuk pengamanan di wilayah Jakarta, Polri mengerahkan sekitar 22.000 personelnya yang tersebar di beberapa pos pengamanan, termasuk untuk mengamankan sidang gugatan hasil Pilpres di MK.

Boy mengaku Kepolisian sudah mendapatkan informasi mengenai massa yang akan datang untuk mengawal jalannya sidang di MK.

"Informasi tentang itu sudah ada, tetapi untuk jumlah (massa) kami masih tunggu pemberitahuan," ungkapnya.

Informasi tersebut, menurut dia, akan dimanfaatkan untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi mengatasi kemacetan di jalan-jalan dan di sekitar wilayah gedung MK.

"Kami juga menyiapkan pengaturan agar tidak terjadi ketidaktertiban di dalam ruang sidang," katanya.

Karopenmas Divhumas Polri itu juga menyebutkan bahwa pengamanan sidang perdana PHPU Pilpres 2014 di MK akan dilakukan sejak pukul 07.00 pagi WIB, namun para petugas Kepolisian akan mulai apel pada pukul 06.00 WIB.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan, meskipun proses pemilihan presiden sudah selesai dengan ditetapkannya Jokowi-JK sebagai pemenang Pilpres 2014, proses pengamanan masih terus berjalan.

"Karena saat ini masih ada gugatan di MK yang diajukan oleh salah satu pasangan (capres-cawapres). Kami sudah siapkan pengamanan berlapis untuk persidangan di gedung MK, mulai dari ring luar gedung sampai ring empat," ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Sutarman, Kepolisian juga akan memberi pengamanan bagi para hakim konstitusi yang terlibat dalam proses persidangan sengketa Pilpres 2014.

"Tempatnya kami amankan, dan hakimnya kami beri pengamanan juga, sehingga kami harap hakim konstitusi akan memutuskan berdasarkan fakta yang ada dan norma keadilan yang berlaku," ujarnya.

(Y012/R021)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014