Untuk mengenalkan olahraga bersepeda sejak dini kepada anak-anak.
Jakarta (ANTARA News) - Hari kedua ajang balap sepeda bertajuk "JIExpo Cycling Student Challenge" dimeriahkan oleh tingkah laku anak-anak yang ikut ambil bagian dalam kategori Baby Fun Ride dan Kids Fun Ride.

"Untuk mengenalkan olahraga bersepeda sejak dini kepada anak-anak," kata Direktur PT Jakarta International Expo (JIExpo) sekaligus ketua penyelenggara JIExpo Cycling Student Challenge, Prajna Murdaya, di Jakarta, Minggu.

Perlombaan ini, menurut dia, tidak memungut biaya pendaftaran dan sifatnya terbuka bagi anak-anak dan remaja.

Untuk kategori Baby Fun Ride diikuti oleh peserta yang berusia 2--3 tahun, menggunakan sepeda roda tiga dengan menempuh lintasan sepanjang 50 meter. Sementara untuk kategori Kids Fun Ride, terbagi menjadi dua kelompok umur, yakni usia 4--6 tahun dan 7--10 tahun, masing-masing menempuh jarak 150 meter dan 1,5 kilometer.

Selain kategori di atas, di hari kedua ini juga dilombakan kategori MTB putra dan putri, Fixie Bike putra dan Road Bike putra.

Dikatakannya, Jakarta banyak memiliki potensi calon pebalap sepeda andal. Melalui ajang perdana ini, pihaknya berharap akan lahir banyak bibit atlet baru balap sepeda.

"Harapannya akan lahir bibit-bibit baru yang siap terjun ke kompetisi profesional," katanya.

Ajang balap sepeda ini mengadopsi peraturan balap sepeda yang digunakan United Cycling International (UCI) dan Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) sebagai acuan penyelenggaraan. Acara tersebut berlangsung selama dua hari pada 9--10 Agustus 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (*)

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014