... pemerintah selama 10 tahun terakhir, sangat mendukung proses suksesi kepemimpinan yang baik dan wajar... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Marzuki Alie, menyampaikan apresiasi kepada Presiden Susilo Yudhoyono karena sebagai kepala negara mampu menciptakan suasana kondusif saat Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

"Apresiasi besar kita sampaikan kepada pemerintahan SBY yang mampu menciptakan suasana kondusif, aman dan damai," kata Alie, dalam pidato pengantar ketua DPR pada sidang bersama DPR dan DPD, di Jakarta, Jumat.

Agenda tunggal sidang paripurna itu adalah mendengar pidato kenegaraan presiden di depan Parlemen. Pidato kenegaraan ini juga tradisi bernegara Indonesia saban menjelang hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Alia menambahkan, kemampuan pemerintah dalam menciptakan suasana demikian, bukan suatu hal yang instan, namun sangat berkait erat dengan keberhasilan pembangunan, khususnya pembangunan bidang ekonomi yang telah diupayakan pemerintah selama ini.

"Prestasi pemerintah selama 10 tahun terakhir, sangat mendukung proses suksesi kepemimpinan yang baik dan wajar," kata dia. Bagi Yudhoyono, pidato ini merupakan yang terakhir setelah dia selama 10 tahun berturutan menyampaikan hal itu sejak 2004.

Namun demikian, kata Alie, DPR mendorong pemerintah untuk memastikan stabilitas keamanan tetap terjaga sampai waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.
 
"Kita berharap, lahirnya para pemimpin-pemimpin baru, akan menghadirkan kehidupan yang damai, mampu menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa, dan mampu membawa bangsa ini mencapai cita-cita kemerdekaan sebagaimana amanah UUD 1945,” kata dia.
 
Pemilu Legislatif telah menghasilkan anggota parlemen terpilih, yaitu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, yang akan bertindak selaku wakil-wakil rakyat untuk kurun waktu lima tahun kedepan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota parlemen tersebut dilaksanakan pada tanggal beragam di masing-masing wilayah. Khusus anggota DPR dan DPD akan diambil sumpahnya pada 1 Oktober 2014.

Saat ini, kata Alie, kita masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi sehubungan dengan gugatan Pemilu Presiden 2014. Kita berharap, kematangan di dalam berdemokrasi akan memberikan jalan bagi tercapainya cita-cita dan tujuan kita dalam mewujudkan kehidupan yang lebih adil dan sejahtera.

"Putusan MK mengenai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, harus dihormati seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014