Samosir, Sumatera Utara (ANTARA News) - Peminat musik khas Batak terus berdatangan dari berbagai daerah di Sumatera Utara, untuk menyaksikan konser Herman Delago asal Austria, bersama musisi Vicky Sianipar.

"Cukup banyak masyarakat yang berdatangan untuk menyaksikan konser Herman Delago," kata salah seorang warga Samosir, Minar Napitupulu, di Samosir, Sabtu.

"Mereka datang dari berbagai daerah seoperti Medan, Deli Serdang, Langkat, Simalungun, Toba Samosir, dan daerah lain untuk menyaksikan konser musik dari seorang musisi Austria yang sangat menyukai musik Batak," katanya.

Napitupulu katakan, lagu Batak lebih memiliki jiwa yang bagus dan sangat lembut.

Salah satu yang diminati Delago ini yaitu lagu Butet yang dia dengar pada 1995 saat ia berlibur ke Bali. Dia mendengar lagu Butet dan langsung menyukainya dan meminta temannya mengajar lagu Batak kepadanya.

Pada awal 2012 ini Delago beserta musisi Vicky Sianipar membuat albun lagu bernuansa Batak yang bernama Tobatak.

Saking cintanya pada musik Batak ia menikahi wanita asal Batak dan menerima marga Sipata.

Ia pun sudah melakukan beberapa konser di Eropa dengan lagu bernuansa Batak dan itu membuat budaya Batak terkenal sampai ke benua Eropa.

Konser musik Delago ini dilakukan di Open Stage Tuktuk Siadong Samosir, yang diperkirakan akan dihadiri para wisatawan lokal maupun mancanegara yang sekarang sudah memadati Samosir, katanya.

Melalui konser yang ini diharapkan masyarakat akan semakin mencintai musik Batak, apalagi berkalaborasi dengan musisi Vicky Sianipar, tentu ini sangat menarik nantinya.

Konser ini akan dilaksanakan sekitar pukul 20.00 Wib, di Open Stage Tuktuk Siadong.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014