Stokholm (ANTARA News) - Satu letusan kecil terjadi di gletser Dyungjujokull Islandia, menyebabkan pihak berwenang meningkatkan kode peringatan penerbangan menjadi merah, tingkat tertinggi, kata Kantor Meteorologi Islandia, Sabtu.

Daerah itu, di tengah negara pulau Atlantik Utara itu telah dikosongkan akibat beberapa hari kegiatan seismik yang meningkat di sana.

"Diperkirakan satu letusan lahar mulai berlangsung di bawah gletser Dyinghuhokull," kata Kantor Meteorologi Islandia. "Kode warna penerbangan bagi gunung berapi Bardarbunga berubah dari oranye menjadi merah."

Abu dari letusan gunung berapi Eyjafjallajokull tahun 2010 menutupi banyak wilayah udara Eropa selama enam hari.

Kode merah menunjukkan bahwa satu letusan akan segera terjadi atau sedang mengeluarkan mungkin emisi abu.

Badan penerbangan yang berpusat di Brussels Eurocontrol mengatakan gunung itu akan segera meletus. Volcanic Ash Advisory Centre di London akan mengeluarkan satu prakiraan reguler tentang tingkat abu vulkanik di atmosfir.

Bersdasarkan prakiraan ini, badan penerbangan sipil mungkin mengeluarkan satu peringatan tetapi adalah tanggung jawab maskapai-maskapai penerbangan apakah mereka akan beroperasi dan bangaimana mereka akan menyesuaikan jadwal penerbangan mereka, kata Eurocontrol. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RN/M016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014