Selama 10 tahun terakhir, hubungan yang baik dengan Singapura telah menjadi salah satu prioritas utama pemerintahan saya."
Singapura (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan selalu memahami arti strategis Singapura dan juga mengagumi kemajuan yang telah ditunjukkan oleh negara tersebut dalam perkembangannya selama ini.

"Semenjak bergabung dengan Kabinet Presiden Abdurrachman Wahid dan Presiden Megawati Soekarnoputri, saya selalu memahami nilai strategis Singapura," kata Presiden SBY dalam jamuan makan malam di Istana Singapura, Rabu malam.

Menurut dia, Singapura telah mencapai kemajuan yang menakjubkan antara lain karena sebagai negara kota-pulau dan populasi yang sedikit dan minim sumber daya alam, Singapura telah mencapai kesuksesan.

Presiden SBY mengemukakan, Singapura telah menjadi negara modern dan berkembang di tengah-tengah kawasan Asia Tenggara dengan jumlah tingkatan kualitas hidup yang tinggi.

"Dari kumpulan masyarakat migran dan pedagang, Anda semuanya telah mengembangkan identitas nasional dan kebanggaan yang kuat sebagai warga Singapura," ujarnya.

Ia mengingatkan, Singapura telah mencapai peringkat tinggi di tataran global di sejumlah bidang seperti pendidikan, daya saing, inovasi, dan kemudahan berbisnis.

Selain itu, Singapura juga dinilai telah menjadi contoh positif dari negara yang memiliki dampak positif bila menerapkan aturan hukum yang tegas disertai dengan tata kelola pemerintahan yang baik serta kerja keras dan kebijakan ekonomi yang mantap.

"Selama 10 tahun terakhir, hubungan yang baik dengan Singapura telah menjadi salah satu prioritas utama pemerintahan saya," katanya.

SBY mengakui bahwa meski kerap terdapat kerikil dalam hubungan dengan Singapura tetapi banyak terdapat berbagai pihak dan individu yang berupaya menempa hubungan yang baik di antara masyarakat dan kedua negara tersebut. (M040)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014