Seoul (ANTARA News) - Penyerang veteran Korea Selatan, Lee Dong Gook, menjustifikasi pemanggilan kembali dia ke timnas dengan mencetak dua gol pada penampilan ke-100-nya, ketika Korea Selatan bangkit dari tertinggal satu gol untuk mengalahkan Venezuela dengan skor 3-1 pada pertandingan persahabatan, di Bucheon pada Jumat.

Dua gol pemain 35 tahun itu pada pertandingan pertamanya untuk timnas dalam kurun waktu setahun tidak dapat terjadi pada saat yang lebih baik lagi, di mana Korsel menunjuk mantan pemain internasional Jerman Uli Stielike sebagai pelatih baru mereka beberapa jam sebelumnya.

Mantan pemain internasional Korea Selatan, Shin Tae Yong, salah satu dari tiga pelatih yang mengasuh tim untuk pertandingan melawan Venezuela dan memberi penyerang Jeonbuk Hyundai Motors itu, yang merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Korsel musim ini, kesempatan lain.

Lee memperlihatkan kemampuannya dengan nyaris membuka gol pada menit kedelapan melalui sepakan tumit belakang yang melebar ketika tuan rumah, yang didongkrak oleh penampilan bagus dari penyerang Son Heung Min, menguasai permainan.

Namun mereka justru kemasukan terlebih dahulu setelah kesalahan yang dilakukan kiper pelapis Kim Jin Hyeon pada menit ke-21.

Upaya Kim untuk menendang bola dari tangannya sendiri kurang tinggi dan terarah, dan bola dengan mudah dikendalikan Mario Rondon yang mencungkil bola melewati kepala sang kiper.

Korsel, yang secara mengecewakan tersingkir di fase grup pada Piala Dunia yang berlangsung di Brazil pada Juni, segera menyamakan kedudukan ketika gelandang Lee Myung Joo melepaskan sepakan melengkung.

Son memberi operan kepada Lee Chung Yong yang umpan silangnya dari sisi kiri membentur kembali kepada Lee Myung Joo, yang melepaskan sepakan melengkung kaki kanan menuju sudut gawang pada menit ke-33.

Lee Chong Yong semestinya dapat membawa tuan rumah unggul sebelum turun minum, namun tandukannya dari umpan silang Son masih terlalu tinggi di atas mistar gawang ketika kepercayaan diri kubu Korsel semakin bertambah.

Enam menit setelah turun minum Lee Dong Gook memperlihatkan bagaimana menanduk bola dengan sempurna, ketika sundulan kuat sang penyerang dari tendangan sudut Kim Min Woo pada menit ke-51 bergulir melewati kiper tim tamu.

Venezuela kemudian memberi kesempatan kepada Lee untuk mencetak gol kedua, ketika dua bek gagal untuk mengatasi umpan silang dari kanan dan bola jatuh ke penguasaan sang penyerang, yang memiliki julukan "Raja Singa," yang memasukkan bola ke gawang lawan.

Itu merupakan gol ke-30nya untuk Korsel dan penampilannya sudah cukup untuk membuat dirinya berharap dapat masuk tim untuk Piala Asia yang berlangsung pada Januari.

Lee terakhir kali bermain untuk timnas ketika ia menjadi kapten tim yang kalah 0-1 dari tamunya Iran pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia. Ia tidak menembus tim untuk turnamen di Brazil, namun kembali dipanggil setelah Hong Myung Bo mengundurkan diri sebagai pelatih kepala menyusul tersingkir secara dininya mereka di turnamen empat tahunan itu.

Stielike diperkirakan akan berada di tribun ketika Korsel menjamu Uruguay pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Selasa, di mana Shin dan dua pelatih lain meneruskan tugas mereka secara temporer.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014