Mojokerto (ANTARA News) - Pebalap asal Iran Ghader Mizbani Iranagh menjuarai lomba balap sepeda internasional Tour de East Java 2014 setelah memenangi etape kedua atau terakhir sejauh 128,5 kilometer dari Museum Trowulan menuju Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Minggu.

Ghader yang tergabung di tim Tabriz Petrochemical Iran menyelesaikan balapan dengan catatan waktu tercepat 3 jam 44 menit 28 detik, unggul 15 detik atas rekan setimnya Amir Kolahdozhagi. Urutan ketiga ditempati Hideto Nakane (Aisan Racing Jepang) yang tertinggal 17 detik.

Gelar Tour de East Java (TdEJ) kali ini merupakan yang ketiga kalinya dikoleksi Ghader. Pebalap yang pada 6 September merayakan ulang tahunnya ke-39 itu, sebelumnya pernah menjuarai balapan tahunan di Jatim itu pada edisi 2006 dan 2008, juga dengan tim Tabriz.

Selain berhak atas "yellow jersey" atau kaus kuning tanda pimpinan lomba, Ghader yang tahun lalu memenangi Tour de Siingkarak juga menguasai "red jersey" (kaus merah) sebagai raja tanjakan atau "King of Mountain (KOM).

Keberhasilan itu berkat penguasaannya menaklukkan medan tanjakan dan menjadi pebalap terdepan pada dua titik KOM di etape kedua, yakni kilometer 80 dan 122,5 di kawasan Pacet, Mojokerto.

Kemenangan Ghader pada balapan TdEJ ditentukan sekitar satu kilometer menjelang garis finis melintasi medan balapan yang makin menanjak, ketika dia melepaskan diri dari kawalan dua pesaingnya Amir Kolahdozhagi dan Hideto Nakane hingga melaju jauh sendirian di depan.

Prestasi individu yang dibukukan Ghader Misbani itu juga melengkapi gelar tim terbaik dalam klasemen akhir yang ditorehkan Tabriz Petrochemical pada TdEJ 2014, mengalahkan tim asal Iran lainnya Pishgaman Yazd dan tim Gusto Taiwan masing-masing di posisi kedua dan ketiga.

"Sejak awal kami prediksi etape kedua akan sangat menentukan persaingan dalam perebutan gelar juara dan pebalap Iran yang selama ini terkenal sebagai spesialis tanjakan mampu membuktikan ketangguhannya," kata Ketua Yayasan TdEJ Sastra Harijanto Tjondrokusumo.

Kendati penyelenggaraan balapan tahun ini hanya berlangsung dua etape dan terpendek sepanjang gelaran TdEJ, tetapi Harijanto sangat bersyukur perlombaan berjalan sukses dan diikuti banyak tim kontinental mancanegara.

Tercatat ada 10 tim balap kontinental yakni Iran (3), Malaysia (2), Brunei Darussalam, Jepang, Taiwan, Australia, dan tuan rumah Indonesia, ditambah lima tim balap sepeda amatir lokal.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014