... potensi Geopark Merangin luar biasa, sehingga ada harapan menjadi Warisan Dunia... "
Jambi (ANTARA News) - Penilaian tahap akhir status Geopark Merangin masuk jaringan Global Geopark Network UNESCO akan diumumkan pada 19 September di Kanada.

"Berdasarkan penilaian Tim Assesor UNESCO, potensi Geopark Merangin luar biasa, sehingga ada harapan menjadi Warisan Dunia," kata Bupati Merangin, Al Haris, dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Belum lama ini Tim Assesor GGN Unesco yang dipimpin Prof Patrick Mc Keever dan Dr Mahito Matanabe melakukan penilaian mendetil dengan menelusuri lokasi Geopark Merangin, di Desa Air Batu, dan hutan adat Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap, serta rumah tuo, di Kecamatan Tabir.

Merangin juga dinilai mempunyai potensi dikembangkan menjadi kawasan pariwisata serta mempertahankan kasanah budaya yang mempunyai peran positif meningkatkan ekonomi lokal.

Namun, kata Haris, untuk menjadi geopark yang siap menjadi wisata geologi masih perlu waktu, karena masih ada beberapa fasilitas yang harus dilengkapi, termasuk di dalamnya peranan masyarakat.

"Kalau sudah diakui dunia, baru nanti kami sibuk membetulkannya. Ini yang harus diubah masyarakat. Jadi, peranan masyarakat sangat penting untuk mendapat pengakuan dari UNESCO ini," ujarnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014