Kiat mencegah gigi ngilu

Kiat mencegah gigi ngilu

Cara menyikat gigi yang salah bisa membuat gigi jadi sensitif, ngilu saat makan makanan yang panas, dingin, atau asam. (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA News) - Cara menyikat gigi yang salah bisa membuat dentin terbuka sehingga gigi menjadi sensitif, jadi ngilu saat makan makanan yang panas, dingin atau asam, kata Jehezkiel Martua, GlaxoSmithKline Oral Health Care Expert.

Turunnya gusi itu akibat salah menyikat gigi, atau karena kebiasaan si penderita menyikat gigi dengan cara mengosok ke bawah secara terus menerus yang lama kelamaan akan membuat gusinya turun, kata Jehezkiel di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, gigi ngilu dapat dicegah dengan rutin menyikat gigi menggunakan sikat gigi berbulu lembut dengan tekanan pelan dan kalau perlu menggunakan pasta gigi khusus.

"Dari kedokteran gigi menyarankan menggunakan sikat gigi yang ujungnya bulat dan halus karena tidak membahayakan rongga mulut yang menyikat gigi," ujarnya.

Ia menambahkan, jika gigi sudah terasa ngilu lebih baik konsultasi ke dokter gigi supaya bisa mengetahui penyebab dan perawatan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar