Massachusetts (ANTARA News) - Tiga Tentara Nasional Afghanistan dilaporkan hilang dari pelatihan militer bersama yang berlangsung di Cape Cod, Massachusetts, kata para pejabat, Minggu.

Para tentara itu dilaporkan hilang dari Pusat Komando Pelatihan Kerja sama Regional Amerika Serikat di Pangkalan Bersama Cape Cod pada Sabtu malam oleh bagian keamanan pangkalan, kata Juru Bicara Penjaga Nasional Letnan Kolonel James Sahady.

Tiga tentara Afghanistan itu, Mayor Jan Mohammad Arash, Kapten Mohammad Nasir Askarzada dan Kapten Noorullah Aminyar, terakhir terlihat di satu mal di dekatnya dan tidak dianggap sebagai ancaman bagi publik, kata Sahady.

"Mereka dikirim ke sini untuk berpartisipasi dalam latihan ini. Tidak ada alasan kita harus percaya bahwa mereka adalah ancaman apapun," kata Sahady, dan menambahkan bahwa mereka tidak memiliki akses ke senjata dalam pelatihan itu.

Pihak yang berwenang pangkalan, negara, dan polisi terlibat dalam pencarian prajurit yang hilang pada Minggu, kata Sahady.

Acara tahunan itu adalah cara untuk mendorong kerja sama yang lebih baik dan kesiapan militer antara negara-negara peserta dan telah berjalan sejak 2004.

Sekitar 200 tentara dari enam negara, termasuk 15 dari Afghanistan, berpartisipasi dalam pelatihan tahun ini, kata Sahady.

Pelatihan selama sepekan itu dijadwalkan berakhir pada Rabu, demikian laporan Reuters.

CBS News melaporkan pada Jumat bahwa dua polisi Afghanistan ditemukan setelah hilang dari pelatihan terpisah yang diadakan oleh Drug Enforcement Administration AS di Quantico, Virginia.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014