Wall Street melemah tertekan kerusuhan politik di Hong Kong

Wall Street melemah tertekan kerusuhan politik di Hong Kong

Wall Street, Bursa Saham AS (REUTERS/Lucas Jackson)

New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir lebih rendah pada Senin (Selasa pagi WIB), ketika pekan yang penuh dengan data ekonomi mulai berlangsung sementara investor mengamati kerusuhan politik di Hong Kong.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 41,93 poin (0,25 persen) menjadi ditutup pada 17.071,22, sedikit menguat dari terendah 16.934,43 pada pagi hari, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 kehilangan 5,05 poin (0,25 persen) pada 1.977,80, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq turun 6,34 poin (0,14 persen) menjadi 4.505,85.

Departemen Perdagangan melaporkan bahwa pengeluaran konsumen AS naik 0,5 persen pada Agustus, sementara pendapatan pribadi naik 0,3 persen. Indeks penjualan "pending home" (rumah yang pengurusannya belum selesai) merosot 1,0 persen menjadi 104,7 pada Agustus.

Pasar terkesima oleh protes jalanan besar-besaran di Hong Kong yang mengirim ekuitas di pusat keuangan Asia itu berakhir 1,9 persen lebih rendah.

Brent Schutte, ahli strategi pasar di BMO Global Asset Management, memperkirakan ayunan lebih besar seperti yang terlihat Senin dan pekan lalu.

"Kami berada dalam periode bergejolak dan itu akan tetap seperti itu," katanya.

Apple turun 0,6 persen menyusul laporan bahwa Uni Eropa berencana menuduh raksasa teknologi menerima penawaran pajak ilegal di Irlandia.

Ford Motor merosot 7,5 persen karena perusahaan memproyeksikan keuntungan 2014 sebesar enam miliar dolar AS, jauh di bawah 7-8 miliar dolar AS yang diperkirakan sebelumnya.

Komponen Dow, Intel melonjak 1,9 persen setelah Bank of America Merrill Lynch menaikkan target harga untuk sahamnya, beralasan bahwa investor tidak menghargai kekuatan pasar komputer pribadi (PC).

Produsen kamera GoPro Action melonjak 10,8 persen setelah meluncurkan model-model baru dengan peningkatan definisi dan kapasitas produksi yang lebih cepat.

Athlon Energy melonjak 24,8 persen karena perusahaan energi Kanada EnCana meluncurkan kesepakatan 7,1 miliar dolar AS untuk membeli produsen minyak dan gas Texas itu. Saham EnCana naik 2,2 persen.

Tibco Software melesat 21,2 persen lebih tinggi karena mengumumkan akan diakuisisi oleh perusahaan ekuitas swasta Vista Equity Partners senilai 4,3 miliar dolar AS.

Studio film animasi independen DreamWorks Animation SKG melonjak 26,0 persen karena laporan bahwa kelompok telekomunikasi Jepang SoftBank merencanakan pengambilalihan perusahaan 3,4 miliar dolar AS.

Harga obligasi naik. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah AS turun menjadi 2,49 persen dari 2,54 persen pada Jumat, sedangkan pada obligasi 30-tahun turun menjadi 3,18 persen dari 3,22 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Penutupan perdagangan, ini capaian BEI sepanjang 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar