Satu jamaah asal NTB meninggal di Arab Saudi

Satu jamaah asal NTB meninggal di Arab Saudi

Masjidil Haram, Makkah. (Unggul Tri Ratomo)

Mataram (ANTARA News) - Satu orang calon haji asal Nusa Tenggara Barat meninggal di Arab Saudi atas nama Aisyah Perang dari Kabupaten Sumbawa Barat tergabung dalam kelompok terbang 10 Embarkasi Lombok.

"Aisyah Perang meninggal di pemondokannya pada Selasa pukul 01.15 waktu Arab Saudi," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kementerian Agama NTB H Maad Umar di Mataram, Selasa.

Informasi yang diterima dari petugas setempat menyebutkan jamaah meninggal di pemodokan karena sakit. Jamaah yang meninggal ini belum sempat dirawat di rumah sakit.

Biasanya jamaah yang sakit akan dibawa ke Balai Pengobatan Sektor, kalau tidak sembuh dibawa ke pengobatan di daerah kerja Mekkah.

"Jika tidak sembuh juga barulah dibawa ke Rumah Sakit Arab Saudi. Namun jamaah ini belum sempat dirawat dimana pun. Sehingga kami belum mendapatkan informasi penyebab meninggalnya," katanya.

Sementara untuk proses pemakaman, katanya, sepenuhnya diserahkan ke pihak "maktab". Dengan adanya jamaah yang meninggal ini, jamaah asal NTB yang meninggal hingga saat ini sebanyak dua orang.

Sebelumnya pada tanggal 14 Sepetember 2014, satu jamaah atas nama Yakub Abdul Supriati bin Jafar asal Kabupaten Bima dinyatakan meninggal. Almarhum Yakub meninggal saat berada di Madiah dan langsung dimakamkan di Madinah.

"Kita berharap semoga tidak ada lagi jamaah yang meninggal dunia," katanya.

Ia mengatakan, total jamaah calon haji asal NTB musim haji 2014 sebanyak 3.624 orang. Dari informasi petugas haji, jamaah NTB dalam kondisi sehat walafiat.

"Jamaah saat ini sedang melakukan persiapan berangkat ke Arafah pada hari Kamis (2/10) untuk melaksanaan ibadah wajib berupa wukuf di padang Arafah," katanya.

Pewarta: Nirkomala
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Menag temui Presiden bahas tambahan 10 ribu jamaah haji

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar