Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Muslim di negaranya yang merayakan Idul Adha dan menyelesaikan ibadah haji di Makkah, demikian pengumuman layanan pers Kremlin pada Sabtu.

"Selama berabad-abad, hari raya penuh cahaya dan perasaan baik ini, membawa orang-orang dalam kebersamaan, menjunjung kebaikan dan belas kasih dalam masyarakat, memupuk penghargaan kepada aturan agama dan tradisi," kata Presiden Putin dalam pernyataan yang dikutip kantor berita RIA Novosti.

Sungguh menyenangkan bahwa komunitas Muslim di Rusia terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat, membangun amaliah, kegiatan pendidikan, tiada henti memperhatikan penguatan nilai keluarga, dan memberikan sumbangan signifikan dalam pemeliharaan keselarasan antar-agama dan antar-etnis, kata Putin. 

Sementara itu, jamaah berkumpul di Masjid Katedral Moskow sejak pukul 06.00 waktu setempat pada Sabtu untuk mengikuti peringatan Idul Adha. Mufti syeikh Ravil Gaynutdin, pemimpin Dewan Mufti Rusia, akan menyampaikan khutbah dan doa hari raya.

Empat masjid di Moskow menjadi tempat peringatan Idul Adha pada Sabtu.

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari 150.000 orang selalu berkumpul untuk memperingati hari raya Islam di Moskow.

Idul Adha diperingati untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim, yang rela mengorbankan putranya Ismail demi menjalankan perintah Allah namun Allah kemudian mengganti Ismail dengan domba.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014