Hasil penyelidikan bisa diketahui sekitar satu minggu lagi"
Magelang (ANTARA News) - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah, Sabtu, menyelidiki penyebab kebakaran di Pasar Sentra Kerajinan dan Makanan Borobudur di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tim Labfor yang dipimpin oleh Kasubid Fisika Komputer Forensik Labfor Polda Jawa Tengah, AKBP Rini Pujiastuti tersebut menyelidiki di tempat kejadian perkara sekitar satu jam.

Pasar yang terbakar pada Kamis (2/10) menghanguskan sekitar 90 persen dari 963 kios di Sentra Kerajinan dan Makanan Borobudur tersebut.

Petugas mengambil beberapa sampel barang dari bekas kebakaran pasar tersebut untuk diteliti lebih lanjut.

Rini Pujiastuti mengatakan untuk keperluan penyelidikan petugas mengambil sampel berupa bekas jaringan listrik dan abu arang bekas kebakaran.

Sejumlah sampel tersebut diambil dari reruntuhan pasar bagian barat yang diduga sebagai sumber api saat kebakaran.

"Hasil penyelidikan bisa diketahui sekitar satu minggu lagi," katanya.

Kaur bagian Operasi Satuan Reskrim Polres Magelang IPTU Sujarwo mengatakan kedatangan Tim Labfor Polda Jateng untuk mencari kepastian penyebab kebakaran disebabkan oleh tungku, listrik atau lainnya.

"Penyebab kebakaran ini harus diketahui secara pasti, apalagi Candi Borobudur ini merupakan kawasan wisata internasional yang merupakan tujuh keajaiban dunia," katanya.

Ia mengatakan, tim labfor memfokuskan penyelidikan di lima titik bekas kebakaran tersebut.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014