... gembira David Bolam selamat dan sehat setelah mengalami cobaan berat dan kini telah bergabung kembali dengan keluarganya... "
London (ANTARA News) - Seorang warga Inggris, yang ditahan kelompok garis keras di Libya, David Bolam, dibebaskan, kata Kementerian Luar Negeri Inggris, Minggu.

"Kami gembira David Bolam selamat dan sehat setelah mengalami cobaan berat dan kini telah bergabung kembali dengan keluarganya," kata juru bicara kementerian itu, "Kami membantu keluarganya sejak ia ditahan."

Bolam dibebaskan beberapa hari setelah pembunuhan seorang sandera Inggris, pekerja kemanusiaan Alan Henning oleh gerilyawan Negara Islam (IS) yang berperang di Irak dan Suriah; terakhir dalam serangkaian pembunuhan seperti itu yang telah difilemkan dan disiarkan di jejaring sosial.

Kementerian Luar Negeri Inggris menolak memberi komentar lebih jauh mengenai rincian kasus Bolam tetapi media Inggris melaporkan ia disandera Mei.

Pada Agustus gambarnya disiarkan di satu video di mana ia memohon dengan sangat bagi penyelamatan nyawanya.

Ia adalah seorang guru di satu sekolah internasional di kota Benghazi, Libya timur, kata laporan-laporan itu.

Libya dilanda aksi kekerasan antara kelompok bersenjata yang membantu menggulingkan pemimpin Libya Muamar Gaddafi pada 2011, mereka kini saling mengarahkan senjata-senjata mereka dalam usaha untuk menguasai sumber-sumber minyak negara itu dan dominasi politik.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014