Saya menunggu enam tahun setelah menang pertama (di Swedia pada 2008), untuk menang di lintasan aspal.
Strasbourg, Prancis (ANTARA News) - Jari-Matti Latvala tampil sebagai juara Reli Prancis, Minggu, sehingga posisinya semakin dekat dengan pimpinan klasemen sementara, Sebastien Ogier.

Dengan sisa dua perlombaan lagi hingga akhir musim ini, pereli asal Finlandia itu kini terpaut 27 poin di bawah saingannya dari Prancis itu, yang sedang berusaha mempertahankan gelar juara dunianya.

Ogier mengawali reli di negaranya itu dengan keunggulan 50 poin di atas Latvala pada klasemen sementara kejuaraan dunia dan berada dalam posisi bagus untuk mempertahankan gelarnya.

Tetapi pereli yang menggenjot Volkswagen itu kalah empat menit karena mengalami masalah dengan transmisi gigi pada lomba Jumat dan terkena penalti empat menit karena terlalu cepat melapor di tahapan ketiga.

Latvala, yang mengendarai VW-Polo, meraih kemenangan ke-12 dalam karirnya dan pertama kali di atas lintasan aspal, berada di depan pereli Norwegia Andreas Mikkelsen (VW Polo-R) dan pesaing dari Inggris Kris Meeke (Citroen DS3).

"Saya menunggu enam tahun setelah menang pertama (di Swedia pada 2008), untuk menang di lintasan aspal. Tapi mimpi saya hari ini akhirnya jadi kenyataan," kata Latvala.

"Untuk melewati permukaan lintasan seperti ini butuh konsentrasi penuh sehingga kita tidak berpikir lain kecuali mengemudi. Saya merasa nyaman membalap dengan menggunakan Polo. Saya tidak memikirkan tentang poin melainkan mengemudi dengan sebaik mungkin," katanya.

Sedangkan Ogier harus melakukan re-grup setelah mengalami masalah buruk pada reli di negaranya itu.

"Saya tidak pernah tahu apa yang terjadi dalam waktu sesingkat itu," kata Ogier.

"Saya berusaha konsentrasi mengenai poin di Power Stage dan berusaha keras untuk menghindari kerusakan," kata.

Itu adalah untuk pertama kali sejak 2004, ketika pereli Estonia Markko Martin menang, pereli Prancis gagal memenangi Reli Prancis. Sebastien Loeb menang enam kali dan Ogier dua kali.

Dua sisa perlombaan musim ini berlangsung di Spanyol dan Wales.

"Saya menyukai dua putaran reli berikutnya, khususnya di Catalunya," kata Latvala. Demikian AFP.

(A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014